Tips Mudah Install OS Android di PC

0

Android masih menjadi sistem operasi mobile terbesar dengan jutaan pengguna di seluruh dunia sampai saat ini. Ini disebabkan beragam aplikasi menarik ada di OS Android.

Aplikasi Android tersebut hanya bisa berjalan pada smartphone atau tablet Android. Hanya saja, aplikasi tersebut tidak bisa kalian pakai pada PC atau Desktop. tetapi jangan khawatir, kalian kini bisa menjalankan aplikasi Android tersebut pada PC.

Berikut cara menjalankan sistem operasi Android pada PC Desktop.

Baca Juga : Cara Install Keyboard Iphone di Smartphone Android

Dengan memanfaatkan sebuah tool, kalian bisa menjalankan berbagai aplikasi Android pada platform lain, seperti Windows, OS X Yosemite dan Chrome dengan aplikasi Android yang ada di Chrome browser. Tetapi, tidak semua aplikasi Android kompatibel untuk dijalankan pada Chrome OS.

Download file APK.

Sebelum kalian menjalankan aplikasi Android di Chrome, ada yang harus kalian perhatikan. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memperoleh aplikasi terlebih dahulu. Apabila kalian mendownload langsung di Google Play Store tidak akan bisa, jadi yang kalian lakukan adalah mendapatkan file APK dari aplikasi yang ingin kalian jalankan di Chrome.

Ada berbagai situs yang memberikan rekomendasi file APK untuk aplikasi Android. Benar tidak semua aplikasi Android tersedia dalam file APK, karena hanya aplikasi favorite yang biasanya ada dalam file APK. Kalian bisa mencoba menemukan aplikasi favorite kalian dalam bentuk file APK lewat situs APKmirror atau Android APKs Free.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

Cara memperoleh file APK juga bisa langsung kalian download dari Google Play Store. Tetapi kalian akan tetap diarahkan ke situs lain yang menyediakan file APK. 

Untuk cara yang satu ini kalian dapat mengunjungi situs Evozi APK Download. Caranya cukup mudah, kalian tinggal buka Google Play Store di PC lalu buka halaman aplikasi yang ingin kalian download. Selanjutnya  akan muncul link dan copy link tersebut. Setelah itu  kunjungi situs APK Downloader dan paste Link yang kalian copy. Sesudah Link kalian paste, lalu tap opsi Generate Download Link. Tunggu sampai muncul file APK untuk kalian download.

Gunakan ARC Welder untuk menjalankan aplikasi Android di Chrome

Untuk mengoperasikan aplikasi Android di Chrome kalian harus memakai aplikasi developer, yang memang ditujukan untuk developer. Tujuan aplikasi ini adalah untuk membantu developer untuk porting aplikasi Android di Chrome sebelum diupload. Inilah kenapa tidak semua aplikasi Android bisa dijalankan di Chrome.

 

Untuk aplikasi yang bisa bekerja di ARC Welder antara lain Facebook, WhatsApp, Instagram, Candy Crush Saga dan Angry Birds. Sedangkan  untuk aplikasi yang tidak bisa bekerja di ARC Welder adalah Castle Clash, Google Maps, Next Lock Screen, dan juga Google Fit.

Baca Juga : Cara Mengetahui Driver Belum Terinstall di Windows 10

Aplikasi yang saya tulis di atas memberikan bayangan pada kalian tentang jenis aplikasi yang bisa bekerja dan aplikasi yang tidak bisa bekerja. Kalian bisa download dan install ARC Welder dari Google Web Store. Kalau sudah selesai install, lalu tap opsi Apps pada bookmark. Nantinya muncul ikon ARC Welder, silahkan kalian klik. Berikutnya kalian akan diarahkan ke sebuah petunjuk, setelah itu klik Choose.

Langkah selanjutnya tap opsi Add your APK dari jendela yang terbuka kalian navigasikan lokasi kalian. kemudian kalian download file APK dan buka file APK.

Baca Juga : Cara Melakukan Unistall Aplikasi di Laptop atau PC

Sebelum meluncurkan aplikasi kalian akan diminta mengatur tampilan. Ketika selesai mengatur tampilan, kemudian tekan tombol Launch App. Kalau aplikasi kompatibel maka akan bisa kalian jalankan di PC. Disini lebih baik kalian mencoba apakah aplikasi favorite kalian bisa berjalan atau tidak pada PC berbasis Chrome OS

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.