Tips Mudah Merawat Sepeda Listrik

0

Sebelum hadirnya motor dan mobil, sepeda menjadi satu-satunya kendaraan yang digunakan masyarakat pada zaman dahulu. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, sepede kini memiliki banyak jenisnya. Dimulai sepeda untuk anak-anak, sepeda untuk kegiatan sehari-hari atau sepeda standar, hingga sepeda yang dirancang khusus untuk olahraga atau melalui jalanan yang ekstrim. Namun, dibalik itu semua juga terdapat sepeda yang menggunakan teknologi listrik. Bukan hanya berbeda dari penggunaanya, perawatan untuk sepeda listrik jelas berbeda jika dibandingkan dengan sepeda standar yang tidak memakai tenaga listrik. Bagaimana kah cara merawat sepeda listrik yang baik dan benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Tips Mudah Merawat Sepeda Listrik

 

1. Perhatikan Sistem Rem

Rem yang memiliki hambatan akan banyak memakan energi untuk sepeda listik, untuk menghindari hal tersebut lakukan pengecekan secara berkala untuk menjaga keamanan rem. Minimal lakukanlah pengecekan terhadap rem pada sepeda listrik kalian selama 2 bulan sekali.

Baca Juga: Cara Koneksi Internet Android Jadi Cepat

2. Jaga Kesehatan Baterai

Jangan membiarkan baterai kosong dalam waktu yang lama karena akan membuat umur baterai lebih pendek. Segera isi baterai sepeda listrik kalian sebelum baterainya benar-benar habis. Jangan lupa untuk tidak melakukan overcharge saat pengisian daya baterai sepeda listrik karena hal tersebut sama seperti membiarkan baterai kosong dalam waktu yang lama yaitu membuat umur baterai lebih pendek. Kenali juga durasi pengisian baterai pada sepeda listrik, berikut imbauan durasi pengisian baterai sepeda listrik pada beberapa jenis baterai yang digunakan:

  • Baterai ukuran 36V 12 Ah, pengisiannya maksimal 5 jam.
  • Baterai ukuran 48V 12 Ah, pengisiannya maksimal 6 jam.
  • Baterai ukuran 48V 20 Ah, pengisiannya maksimal 8 jam.
  • Baterai ukuran 48V 7 Ah, pengisiannya maksimal 4 jam.

Baca Juga: Tips Menghapus Iklan di Youtube Android

3. Jangan Sering Melakukan Akselerasi

Langsung menarik gas secara full akan memberikan dorongan yang kuat energi listrik dan disalurkan ke baterai serta kontroller. Jangan melakukan hal ini secara sering karena dapat merusak baterai dan kontroller. Akselerasi yang terlalu sering akan membuat kontroller menjadi cepat panas dan baterai yang menjadi sering melakukan crackingnya, oleh karena itu hal ini tentu dapat merusak baterai dan kontroller pada sepeda listrik. Saat kalian sedang berhenti, tarik lah gas secara pelan-pelan agar daya yang disalurkan lebih stabil.

Baca Juga: Mau Jadi Selebgram? Ini Dia Cara Mendapatkan Banyak Followers Instagram

4. Hindari Tanjakan Ekstrim

Sepeda listrik dirancang untuk pemakaian dalam kota atau jalanan yang memiliki kontur rata tidak banyak tanjakan. Sepeda listrik yang dipaksa melewati tanjakan akan mengalami baterai dan kontroller yang cepat panas karena memaksa sepeda listrik untuk melakukan pekerjaan ekstra. Solusinya saat melewati tanjakan adalah dengan menggunakan gowes manual. Carilah alternatif jalan lain yang tidak memiliki jalanan menanjak, jika kalian terpaksa melewati jalanan menanjak maka jangan terlalu sering untuk melewatinya.

Baca Juga: Tips Merawat AC, Mudah!

Semoga penjelasan diatas dapat membantu kalian dalam merawat sepeda listrik yang baik dan benar, terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.