Tips Partisi SD Card di Android tanpa PC atau Laptop

Membuat partisi SD Card yaitu membaginya jadi dua atau lebih penyimpanan. Dalam hal ini kalian dapat melakukan partisi dengan bantuan aplikasi AParted (SD Card Partition).

0

SD Card merupakan pembagian dan penyimpanan massal atau memori menjadi bagian-bagian kecil yang terpencar. 

Kalian para pengguna smartphone biasanya memakai SD Card bukan untuk menambah memori penyimpanan di perangkat kalian? Pernahkah terfikir untuk melakukan partisi SD Card agar bisa menghemat banyak ruang di penyimpanan memori internal kalian? Jika ya, maka kalian bisa menyimak tips ampuh disini.

SD Card merupakan pembagian dan penyimpanan massal atau memori menjadi bagian-bagian kecil yang terpencar. 

Membuat partisi di SD Card dapat kalian lakukan untuk bisa lebih hemat ruang di penyimpanan memori internat.

Partisi juga dapat membuat sistem operasi android dengan margin yang besar jadi makin cepat.

Lalu bagaimana cara partisi SD Card di Android tanpa PC atau Laptop?

Membuat partisi SD Card yaitu membaginya jadi dua atau lebih penyimpanan. Dalam hal ini kalian dapat melakukan partisi dengan bantuan aplikasi AParted (SD Card Partition).

Dengan aplikasi tersebut, kalian bahkan bisa membuat partisi kartu SD Card kalian lewat android, tanpa PC.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian terapkan langsung di perangkat kalian.

Sebelumnya, kalian harus mempersiapkan beberapa kal berikut. Pertama, smartphone android yang sudah diroot dengan slot SD Card, SD Card, akses internet untuk insatll aplikasi AParted. Jika sudah selesai, cadangkan data dan bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Membuat Partisi di  SD Card 

Setiap OS mempunyai preferensi  sendiri untuk sistem file. Banyak kartu memori ada pada format FAT32, jika kalian ingin memakaiya dengan Windows dan MAC. 

Tapi disebabkan kalian juga ingin memakai SD card ini sebagai memori penyimpanan internal, kalian harus memformat partisi SD card menjadi ext2 (filesystem populer untuk Linux). 

Dalam hal ini, akan dibuat dua partisi pada kartu SD Android.

Bagian setengah dari kartu SD akan dalam format ext2, yang akan dipakai sebagai memori internal kalian. Dan separuh lainnya akan ada dalam format FAT32, jadi kalian dapat memakainya sebagai kartu SD biasa untuk menyimpan foto dan video, dan file lainnya.

Langkah-langkah di bawah ini memakai kartu 2GB. Pada partisi 1 pakai format 1GB untuk partisi FAT32 dan partisi 2 1GB untuk ext2.

Sebelum mengubah SDCard kalian, silahkan masuk ke pengaturan dan Unmount SD Card. Kemudian instal aplikasi partisi AParted dan buka. Ini akan meminta izin root, dan berikan izin itu.

Sekarang, untuk membuat partisi, klik tab Bagian 1, centang “Format” dan pilih FAT32. Kemudian untuk ukuran partisi , tentukan jumlah ruang penyimpanan yang ingin kalian buat sebagai penyimpanan file pada kartu memori misalnya foto dan video. 

Jika sudah,  alokasikan setengah, yaitu 1GB, tapi kalian dapat memilih sesuai dengan keinginan kalian.

Berikutnya, klik tanda plus hijau dan jendela Part 2 akan tampil. Llau centang “Format” dan klik ext2 (kalian dapat juga memilih ext3 atau ext4, tapi kalau tidak tahu apa fungsinya, sebaiknya memilih ext2 ).

Setelah itu, alokasikan penyimpanan ruangan yang besar untuk Partisi 2 yang berguna sebagai memori internal. Memori internal pada SD Card yang dipartisi ini bisa dipakai untuk menginstal aplikasi Android.

Ketika selesai, klik tombol “Apply Changes” kemudian konfirmasikan dengan klik tombol OK. Hanya dengan hitungan detik, akan memformat SD card di dua partisi yang berbeda.

Supaya bisa mengkonfirmasi partisi berhasil atau tidak, buka pengaturan Penyimpanan di smartphone. Nanti akan ada ukuran kartu SD kalian dikurangi setengahnya. Tapi perlu, diingat kalau kalian tidak dapat melihat partisi ext2.

Mengapa Memakai Aplikasi Terpisah Untuk Membuat Partisi SDcard?

Dengan memakai aplikasi Aparted, kalian dapat memperoleh hasil yang sama dalam waktu yang cepat dan dengan sedikit usaha. 

Aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk membuat partisi SDcard di androis tanpa memakai PC . Tetapi kalau kalian menghadapi masalah, kalian bisa memakai mini partition tool di PC android. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.