Tips Screnshoot Smartphone Realme 5i

0

Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan smartphone merk Realme? Iya. Meskipun terhitung masih baru di pasaran Indonesia, Realme menempati posisi yang cukup penting di tingkat menengah. Kehadirannya membawa angin segar bagi para pengguna smartphone yang menginginkan suasana baru dan merk baru yang pastinya memberikan fitur dan layanan yang seiring dengan harga samrtphone tersebut.

Januari kemarin tahun 2020 Realme sudah meluncurkan produk baru tipe 5i. Memang sudah banyak yang membelinya. Tapi ternyata masih saja ada para pengguna yang bingung untuk memakai salah satu fiturnya, yaitu fitur screenshot smartphone teresbut. Walaupun secara umum, fitur ini sangat mudah dijalankan dan tidak berbeda dengan fitur screenshot di smartphone Realme umumnya.

Masalah screenshot, Realme merupakan smartphone  yang menyediakan banyak metode cara mengambil screenshotnya. Baik dari memakai tombol fisik dan beberapa pengaturan melewati gestur atau gerakan tangan.

Buat kalian yang merasa sudah membeli Realme 51, tapi belum tahu cara screenshotnya bagaimana, kali ini saya akan berikan tipsnya buat kalian, Gaes.

Tips Screnshoot Smartphone Realme 5i

Screenshot dengan Gerakan 3 Jari ( Finger Swipe)

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka menu settings atau pengaturan. Kemudian tap ikon Bantuan Praktis.

Selanjutnya, di jendela Bantuan Praktis kalian pilih opsi Gerakan. Lalu geser tombol yang ada di samping kanan pada menu Screenshot 3 Jari untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Langkah berikutnya, kalian bisa coba mengambil screenshot dengan menggerakkan 3 jari dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Nah, Gaes. Itu tadi adalah cara screenshot di smartphone Realme 51 dengan swipe 3 Jari atau gestur 3 jari dengan mudah.

Screenshot dengan Tombol Fisik 2 Jari

Langkah pertama, kalian bisa cari area yang ingin kalian ambil screenshot. Kemudian, segera tekan serta tahan tombol Volume Bawah (-) + Power sekitar 2 detik.

Kalian bisa menunggu layar sampai berkedip atau berbunyi shutter yang menjadi tanda proses screenshot sudah berhasil.

Setelahnya, hasil screenshot kalian bisa langsung kalian lihat di status Bar atau lewat Galeri, klik opsi Album, dan tap ikon Screenshot.

Gaes, meskipun mudah, cara di atas saat mengambil tangkapan layar di smartphone Realme, namun kalian harus ingat. Pemakaian terlalu sering tombol fisik bisa membuat kerusakan di kemudian hari

Screenshot dengan Metode Smart Slidebar

Tips  mengambil tangkapan lain di Realme 5i bisa dengan menggunakan fitur Smart Sidebar. Tetapi sebelum memakainya, kalian harus mengaktifkan lebih dahulu. Tipsnya bisa klaian ikuti di bawah ini ya, Gaes.

Pertama-tama, buka Menu Settings atau pengaturan di smartphone kalian. Kemudian akan muncul tampilan Bantuan Praktis. Klik opsi Smart Sidebar. 

Kalain kemudian segera aktifkan fitur Smart Sidebar dengan cara menggeser toggle yang ada di sebelah kanannya.

Selamat. Fitur Smart Sidebar sudah aktif, tombolnya tersembunyi di sebelah kiri layar. Kalau kalian ingin memakai fitur tersebut, geser layar dari sebelah kanan ke kiri. Lalu pilih pada menu Screenshot untuk mengambil tangkapan layar di smartphone Realme.

Screenshot dengan Shortcut Notifikasi

Cara ini tergolong lebih mudah, sebab kalian tidak harus mengaktifkan fiturnya seperti yang cara-cara sebelumnya.

Kalian hanya perlu menentukan layar yang ingin kalian ambil tangkapan layarnya atau capture-nya. Kemudian Drop down menu atau tarik dari atas ke bawah menu notifikasi. Lalu klik pada opsi Screenshot yang tersedia. Terakhir, kalian bsia melihat hasil screenshotnya lewat Galeri smartphone

Screenshot panjang di Hp Realme 5i

Cara screenshot panjang yaitu dengan mengambil tangkapan layar secara memanjang ke bawah. Pertamanya, kalian tentukan bagian layar mana yang ingin kalian screenshot. Kemdudian, pilih salah satu tutorial cara screenshot di Realme 5i di atas.

Berikutnya, setelah berhasil mengambil screenshot layar, klik opsi Long Screenshot/ Screenshot Panjang. Scroll ke bawah sampai mana area yang ingin kalian ambil screenshot nya. Terakhir klik pada tombol Done.

Sekarang, hasil screenshot tersebut bisa kalian lihat lewat aplikasi galeri.

Itu tadi tips screenshot di Realme 5i dengan mudah. Kalian bisa memili cara screenshot yang mana yang menurut kalian mudah dan simpel.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.