Tips SEO Meningkatkan Traffic Website Toko Online Berbasis WordPress

0

Mempunyai website toko online merupakan salah satu strategi marketing yang bisa kalian pakai untuk meningkatkan jumlah penjualan suatu usaha.

Dengan mengikuti perkembangan digital saat ini, banyak para pemilik usaha membuktikan mereka bisa meraup untung lebih banyak dengan memanfaatkan domain hosting Indonesia murah untuk website toko online-nya.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO dan Manfaatnya

Meskipun demikian, mempunyai website saja tidak cukup. Supaya calon pembeli bisa tahu website toko online yang kalian kelola, kalian harus melakukan optimasi demi meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian, seperti Google. Salah satunya adalah dengan membuat blog di WordPress yang diapakai untuk mengelola website kalian.

Apabila kalian ingin website tersebut ada di halaman pertama Google dan memperoleh traffic kunjungan yang signifikan, kalian harus mengelolanya dengan serius. Seperti sebuah toko pada umumnya, website tersebut tidak hanya berisi produk yang dipajang di etalase. Kalian juga harus memberikan informasi mendalam tentang produk yang kalian tawarkan lewat blog.

Di samping itu, blog juga bisa menjadi media agar sebuah website berbasis WordPress bisa meraih peringkat tinggi di mesin pencarian. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, kalian tidak hanya merilis ratusan konten tanpa mengoptimasinya.

Baca Juga : 4 Ciri Whatsapp Kamu Telah di Blokir Seseorang

Karena itu, kalau kalian ingin jumlah kunjungan kalian meningkat, kalian harus memahami cara optimasi konten dengan memakai Search Engine Optimization atau SEO.

Dengan taktik SEO yang efektif, website toko online kalian akan lebih mudah terindex oleh Google dan peringkatnya pun bisa naik dengan lebih cepat.

Penasaran teknik SEO seperti apa yang bisa mengoptimasi konten blog di website toko online secara maksimal?  Di bawah ini ada beberapa tips SEO yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan traffic SEO website toko online yang kalian kelola dengan memanfaatkan WordPress.

Maksimalkan Plugin SEO, Yoast

Langkah awal yang harus kalian lakukan untuk mengoptimasi konten blog pada website toko online yaitu dengan memasang plugin SEO seperti Yoast. Plugin ini punya beragam jenis fitur yang bisa membuat kualitas SEO di website kalian menjadi lebih baik.

Di sini, kalian wajib memaksimalkan beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Yoast SEO. Fitur-fitur utamanya seperti submit XML Sitemap, verifikasi Google Webmaster Tools, mengubah title tag dan meta description, mengubah permalink, sampai  menganalisis konten yang akan kalian terbitkan di blog.

Baca Juga : Cara Mencegah Toko Online Melakukan Penipuan

Dari semua fitur di atas, skill Yoast SEO saat menganalisis konten sering kali dimanfaatkan oleh pemula. Fitur ini membantu mereka memahami bagian mana saja yang perlu dioptimasi dari sebuah konten. 

Kalau masih ada aspek yang belum sesuai kaidah SEO, secara otomatis Yoast akan mengingatkan kalian untuk memperbaikinya.

Aspek-aspek yang dianalisis Yoast SEO di konten blog di antaranya panjang artikel, pemakaian subheading, sampai panjang kalimat dalam suatu paragraf. 

Dengan analisis konten secara menyeluruh memakai Yoast SEO, kalian tidak perlu lagi melakukan cek ulang apa saja yang harus dioptimasi secara manual. 

Manfaatkan Google Search Console

Di samping memakai Yoast SEO, tools lain yang juga tidak bagus kalian manfaatkan adalah Google Search Console. Tools dari Google yang sebelumnya bernama Google Webmaster Tools ini merupakan sebuah platform yang bisa kalian pakai sebagai para pemilik toko online untuk melakukan monitoring website.

Baca Juga : Tips Membuat Video Instagram Untuk Bisnis Online

Performa website yang bisa kalian pantau lewat Google Search Console tertarget hanya pada ranah organik Google. Ranah organik itu meliputi analisis dari segi reffering domain, mobile performance, ataupun traffic yang masuk ke dalam website toko online kalian.

Pahami Perilaku Visitor Lewat Google Analytics

Jika kalian sudah memahami fungsi dan pemanfaatan dari Google Search Console, jangan lupa juga untuk memakai Google Analytic sebagai pelengkapnya. Fungsi kedua tools tersebut sangat berbeda.

Apabila Google Search Console ditujukan untuk memantau performa website di search engine, Google Analytic dipakai untuk mengidentifikasi perilaku visitor.

Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Terbaik Untuk Bisnis Online

Meskipun keduanya punya fungsi yang berbeda, tapi kerjanya saling melengkapi satu sama lain. 

Di samping untuk memahami perilaku visitor, adanya Google Analytic juga membantu kalian untuk mengetahui halaman mana yang paling pertama dikunjungi dan di halaman apa mereka berhenti mengakses website toko online kalian.

Berbeda dengan Google Search Console yang hanya memantau performa website kalian, Google Analytic bisa tahu halaman mana dari website kalian yang menghasilkan konversi paling banyak dan mana yang harus ditingkatkan lagi performanya. Info jumlah konversi tersebut bisa memberikan insight konten seperti apa yang menarik bagi pelanggan kalian.

Baca Juga : Alasan Kenapa Tidak Perlu Membeli Powerbank

Lewat fitur tersebut, kalian bisa melakukan perbaikan konten dan analisis SEO lebih lanjut, termasuk pada website toko online berbasis WordPress. Karena itu kalau kalian ingin melakukan campaign atau mengeluarkan produk baru, kalian bisa menyuguhkan konten yang menarik lebih banyak calon pembeli ke website kalian.

Demikianlah penjelasan tentang tips SEO meningkatkan traffic website di toko online berbasis wordpress. Dengan SEO, kalian memang tidak akan langsung memperoleh hasil yang diharapkan dalam waktu singkat. Perlu konsistensi dan pengelolaan secara rutin sampai akhirnya bisa memperoleh hasil yang diinginkan. Tapi setelah kalian memakai Tips SEO di atas, perlahan tapi pasti, traffic kunjungan ke website toko online kalian akan meningkat.

 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.