Tips SEO Menjadi Food Blogger Pemula

0

Dunia kuliner memang selalu menarik untuk dikupas tuntans. ditambah lagi, tema makanan dan minuman umumnya menjangkau masyarakat dalam jumlah yang sangat besar. Oleh sebab itu, blog kuliner termasuk contoh niche yang kepopulerannya tidak mudah hilang sebagai cara mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank dengan cara mudah dan cepat.

Baca Juga : Tips SEO meningkatkan Tarffic Website Toko Online Berbasis WordPress

Baik dari review makanan dan minuman, review restoran, sampai resep masakan bisa dipublikasikan di blog kuliner. Nah, sebelum kalian memulai food blogging, tentunya kalian harus memperbanyak riset dahulu. Salah satunya yaitu dengan mencari tahu cara untuk membuat blog kuliner lebih dikenal.

Ada tahapan yang harus kalian lewati untuk memaksimalkan SEO. Sebelumnya pilih platform seperti instal wordpress di subdomain, sampai membeli hosting murah adn terpercaya. SEO disini merupakan cara yang paling ampuh untuk menaikkan traffic blog kalian.

Apa saja tipsnya? Kuy simak langsung!

Menentukan Tema 

Kalian harus bisa menentukan tema blog kuliner kalian untuk menjaring pembaca daripada blog yang umum bertebaran. Contohnya, khusus kuliner pinggir jalan, cemilan , kue, atau yang lainnya.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO dan Manfaatnya

Ini akan lebih berhasil jika kalian memang menguasai tema secara detail dan mendalam. Topik yang fokus pada satu titik akan lebih banyak mendatangkan pengunjung blog dan menaikkan tracking secara signifikan.

Memberi Nama Blog yang Unik dan Sesuai

Buatlah nama blog kalian sesuai dan benar-benar melukiskan blog kuliner yang kalian bangun. Contohnya, saat kalian membuat blog seputar kue, buatlah nama blognya Cakerinarina pada blog, dan sebagainya.

Karena itu, sebelum membuka blog, pengunjung pun sudah bisa membayangkan apa saja isi blog kalian yang sudah kalian promosikan tentang isinya serba-serbi kulnier dengan ciri khas khusus.

Gunakan Layanan Hosting Terpercaya dan Terbaik

Tak dapat dipungkiri jika layanan hosting memberikan kegunaan untuk meingkatnya blog kuliner kalian. Hosting web bisa mempengaruhi kecepatan, keamanan, dan juga SEO awareness.

Kalain bisa memesan layanan hsoting murah dan cepat di tempat yang terpercaya agar bisa menaikkan peringkat blog di Google. Ditambah lagi, mesin penelusuran mengutamakan situs web berkecapatan mumpuni agar nyaman saat membukanya dan lancar koneksinya.

Baca Juga : Pemasaran Produk Lewat Instagram Yang Efisien dan Menghasilkan

Sebelumnya kalian juga harus pastikan hosting murah tersebut keamanannya juga terjamin agar tidak terjadi pencurian data-data pribadi pengunjung blog.

Di samping itu, hosting yang terpercaya juga mencegah semua tindakan penyalahgunaan. Misalnya kesalahan sistem dan cracking. Lebih baik jika kalian cek ricek sebelum tahu kredibiltas layanan hosting tersebut.

Terbitkan Konten Kontinyu

Lakukan publikasi konten secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Minimal satu artikel per minggu sudah meningkatkan SEO kok.

Kalian mungkin bisa mengirim 20 artikel dalam sehari, tapi tidak pernah menerbitkan apa pun dalam 3 bulan setelahnya. Pasti ini akan membuat pengunjung dan pembaca blog kalian kecewa, lalu memutuskan pindah blog yang lebih oke.

Letakkan backlink ke Semua Media Sosial

Tautan media sosial sangat penting untuk kemajuan blog kuliner kalian. Interaksi antara kalian dengan pembaca di media sosial akan membuat hubungan jadi lebih akrab. Ingat juga untuk aktif secara rutin di media sosial.

Baca Juga : Face Unlock Untuk Meningkatkan Keamanan di Facebook Messenger

Sisipkan Foto Hidangan yang Menarik

Blog kuliner tanpa foto masakan sama seperti sayur tanpa garam. Oleh sebab itu, kalian juga harus belajar cara-cara menjadi fotografer makan yang baik. Tidak harus memakai perangkat dan peralatan super canggih.

Cukup pakai teknik-teknik fotografi yang cocok agar memperoleh hasil potret yang memuaskan. Jangan lupa hias hidangan secantik mungkin agar tampak menarik.

Jaga Hubungan Baik dengan Sesama Blogger Kuliner

SEO bukan hanya dilakukan di situs web sendiri. Kalian juga harus menjalin hubungan yang baik dengan sesama blogger dalam satu niche agar bisa meningkatkan popularitas blog kalian.

Bukan hanya saling bertukar konten untuk dibagikan, berbagi pembaruan atau informasi seputar dunia kuliner juga bisa kalian lakukan. Dengan demikian, kalian juga tidak akan ketinggalan info-info terbaru.

Baca Juga : Cara Membuat Status Facebook di Like Banyak Orang

Mulai bangun relasi dengan melakukan blogwalking dan menyisakan jejak di blog kuliner orang lain. Sekadar menulis di blog sendiri tidak akan mempercepat perkembangan blog.

Tinggalkan komentar dengan menyertakan tautan alamat situs web kalian. Jangan lupa pula untuk bergabung ke komunitas sesama blogger kuliner di media sosial juga bisa membantu kalian.

Temukan Gaya Menulis Kalian

Kalian bisa menulis sesuai dengan gaya kalian agar kalian mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri dari blog yang lainnya.

Buat para pengunjung dengan ciri khas kalian saat menulis.

Promosi

Menerima endorsement juga bisa membuat blog berkembang. Ditambah lagi kalau produk yang kalian review sangat terkenal. Tapi, tetaplah jujur saat mempromosikan makanan untuk menjaga kredibilitas diri sendiri dan kepercayaan pengunjung terhadap blog kuliner kalian.

Itu tadi beberapa tips SEO untuk kalian yang ingin menjadi flood blogger pemula.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.