Tips Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Salah satu solusi transfer uang adalah melalui Indomaret dan Alfamart. Apalgi kedua minimarket tersebut sudah menjangkau ke daerah-daerah pelosok di tanah air.

0

Salah satu kemudahan yang didapatkan adalah mudahnya melakukan transfer uang. Jia biasanya kalian transfer lewat bank.

Teknologi yang berkembang saat ini membuat banyak kebutuhan terpenuhi, kemudahan dalam berbagai segi, bahkan pekerjaan juga jadi cepat selesai.

Salah satu kemudahan yang didapatkan adalah mudahnya melakukan transfer uang. Jia biasanya kalian transfer lewat bank, maka kali ini akan dibagikan cara lain karena tidak semua orang mempunya rekening bank.

Ini biasanya untuk orang-orang yang tinggal di daerah pelosok dan tidak punya rekening bank. Sehingga, transfer lewat rekening tidak bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, masyarakat perlu alternatif untuk kebutuhan transfer yang tidak perlu rekening bank

Salah satu solusi transfer uang adalah melalui Indomaret dan Alfamart. Apalgi kedua minimarket tersebut sudah menjangkau ke daerah-daerah pelosok di tanah air. Dengan demikian, aktivitas transfer uang jadi lebih mudah.

Apa Ada Ketentuan Transfer Uang di Kedua Minimarket Tersebut?

Tentu saja ada. Berikut beberapa ketentuan yang harus kalian perhatikan dan siapkan.

Kartu Identitas

Ketika kalin ingin melakukan transfer uang lewat Indomaret atau Alfamart, kalian wajib menyerahkan kartu identitas. Bisa memakai KTP, SIM, ataupun paspor.

Nomor Telepon Pengirim

Ini juga penting kalian siapkan, Gaes. Ingat, nomor tersebut haruslah nomor yang aktif sebab sewaktu-waktu pihak Indomaret atau Alfamart akan menghubungi kalian sehubungan pengiriman yang dilakukan apabila dibutuhkan.

Nomor Telepon Penerima

Nanti kalian juga akan dimintai nomor telepon penerima transferan tersebut. Ingat, nomor telepon yang diberikan haruslah nomor yang masih aktif. Sebab itu, pastikan kalian memberikan nomor telepon penerima dengan benar.

Uang Tunai yang Akan Ditransfer

Disini kalian pun harus menyiapkan sejumlah uang tunai yang akan ditransfer.

Sesudah menyerahkan uang tunai kepada teller Indomaret atau Alfamart, pihak teller akan menghitung kembali uang tersebut. Lihat dengan cermat proses perhitungan kembali uang tunai tersebut oleh pihak teller untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Biaya Admin

Karena lewat minimarket, maka kalian juga harus menyiapkan uang lebih untuk membayar biaya admin yang akan dibebankan saat kalian mentrasnfer uang. Besarnya biaya admin biasanya berdasarkan jumlah yang yang ditransfer.

Biasanya jumlah minimal untuk transfer uang melalui Indomaret atau Alfamart adalah Rp.10.000 dan maksimal Rp.5.000.000 per transaksi/transfer.

Sementara biaya admin yang akan dibebankan yaitu Rp.15.000 per transfer uang di bawah 1 juta rupiah dan Rp.25.000 per transfer untuk di atas 1 juta rupiah.

Cara Transfer Uangnya Bagaimana?

Datang ke Minimarket

Kalian wajib mendatangi gerai minimarket lebih dulu. Datangi saja gerai yang terdekat dari tempat tinggal kalian. Datangi kasir dan beritahukan jika kalian ingin mentransfer uang.

Berikan Berkas yang Dibutuhkan ke Kasir

Selesai kalian memberitahu ke kasir, nantinya kalian akan ditanya berapa jumlah uang yang akan ditransfer. Di samping itu, kasir akan mempersiapkan formulir untuk pendataan. Setelahnya kasir akan meminta kalian menyerahkan data-data seperti kartu identitas berupa KTP, SIM, Paspor. Kemduian nomor telepon kalian selaku pengirim dan juga nomor telepon  penerima.

Serahkan Uang Tunai Sejumlah yang Akan Ditransfer

Jika semua data-data yang dibutuhkan untuk transfer selesai dimasukkan, kalian juga harus menyerahkan uang tunai sejumlah yang akan ditransfer. Kemudian kasir akan menghitung ulang jumlah uang tersebut.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lihat dengan seksama ketika kasir menghitung ulang uang yang kalian serahkan untuk ditransfer.

Bayar Biaya Administrasi

Di samping sejumlah uang yang akan ditransfer, kalian pun harus membayar biaya admin sesuai yang tadi dijelaskan di atas.

Dapatkan Kode MTCN

Sesudah menyerahkan uang yang akan ditransfer dan biaya admin, kalian cukup menunggu sampai memperoleh notifikasi lewat SMS.

Isi pesan yang masuk lewat SMS tersebut berupa kode MTCN sebanyak 10 digit nomor. Di samping itu, kasir juga akan memberikan struk berisi kode MTCN.

Simpan baik-baik kode tersebut, jangan sampai hilang. Karena, kode tersebut nantinya harus kalian kirimkan kepada penerima transferan.

Sebab kode tersebut akan ia pakai untuk menerima transferan tersebut dari Indomaret atau Alfamart. Selesai.

Bisakah di Alfamart transfer uang ke rekening bank?

Tentu saja bisa. Kalian bisa transfer ke Bank Mandiri, bank BCA, bank BNI, CIMB NIAGA, , Bank Permata, Bank BTN, tanpa harus memiliki rekening sendiri.

Di samping itu, Alfamart juga melayani tarik tunai, top up ovo, gopay, dana, dompetku, dengan cara bayar langsung cash atau tunai ke kasirnya, Gaes.

Begitu juga dengan indomaret. Kalian dapat transfer ke rekening bank tanpa harus memiliki rekening bank. Selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.