Tips Update Windows 10 Terbaru

Pembaharuan atau update tidak jarang justru membuat masalah baru. Beberapa orang tidak paham caranya, sedangkan kelompok lain punya masalah dalam hal jaringan internet dan lainnya

0

Dengan melakukan pembaharuan secara benar. Ini bisa meningkatkan keamanan, memperbaiki error, menjamin kualitas, dan mempertahankan kompatibilitas.

Microsoft sejak dulu sudah memutuskan Windows sebagai produk unggulannya.  Mereka selalu memberikan pembaruan sistem untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik dan kenyaman kepada para penggunannya.

Kalian pun disini sebagai pengguna operasi sistem versi terbaru harus tahu cara update Windows 10.

Kemuian, apakah update atau pembaharuan harus dilakukan secara rutin dan wajib? Status Windows 10 adalah sebuah OS terbaru dan paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Hanya saja, pembaharuan atau update tidak jarang justru membuat masalah baru. Beberapa orang tidak paham caranya, sedangkan kelompok lain punya masalah dalam hal jaringan internet dan lainnya.

Padahal, dengan melakukan pembaharuan secara benar. Ini bisa meningkatkan keamanan, memperbaiki error, menjamin kualitas, dan mempertahankan kompatibilitas.

Lalu bagaimana cara update windows 10 terbaru?

Ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk membantu proses:

Update Windows 10 Lewat Update Assistant

Cara pertama ini yang paling mudah dan banyak dipakai. Sistem operasi Windows 10 punya banyak fitur bantuan yang bisa kalian pakai. Salah satunya asisten pembaharuan.

Syarat utama memakai fitur ini yaitu kuota dan koneksi internet yang lancar. Kalian bisa memakai Wifi agar lebih lancar. Atau dengan koneksi tanpa kabel lebih menghemat pemakaian kuota. 

Sesudah memastikan bahwa internet cukup stabil untuk download atau unduhan, temukan link di situs tepercaya dan lakukan unduh file tersebut. Kemudian, buat salinan atau backup file dan data penting kalian. Ini adalah langkah opsional.

Jika sudah, buatlah recovery drive. Ini juga langkah opsional. Artinya, kalian tidak harus melakukan syarat ini.

Berikutnya, temukan file hasil unduhan tadi dan install. Sesudah aplikasi terinstal, mulai proses pembaharuan sistem operasi Windows 10.

Jalankan aplikasi Update Assistant dan tap tombol Update Now. Sesudah ini, proses unduhan akan segera berlangsung. 

Sebelum berjalan, Windows atau sistem akan memeriksa perangkat kalian dulu. Ini untuk memastikan perangkat keras telah memenuhi syarat kompatibilitas atau belum.

Jika sudah, klik tombol Next. Selanjutnya, tunggu proses download dan update selesai.

Di akhir proses pembaharuan, sistem akan melakukan restart  dengan persetujuan kalian. Selesai

Update Windows 10 Lewat Windows Update

Fitur Windows Update ini bawaan OS di PC atau laptop kalian. Yang berarti, tidak ada perangkat lunak (software) apa pun yang kalian perlukan untuk melakukan pembaharuan.

Walau begitu, ada baiknya menunggu pemberitahuan atau notifikasi sebelum update.

Tapi, apakah tidak dapat dilakukan secara manual?

Kalian bisa melakukan pembaharuan secara langsung tanpa harus menunggu notifikasi (walau ini bukan saran terbaik).

Caranya, buka menu pengaturan. Lalu tap tombol periksa ketersediaan pembaharuan  atau check for updates.

Sesudah proses unduhan selesai, restart PC atau laptop. Selanjutnya, sistem operasi Windows 10 akan melakukan proses update secara otomatis. Tapi, ini akan butuh banyak waktu sehingga kalian harus bersabar.

Update Windows 10 Media Creation Tool

Fitur ini sering dikenal MCT. Tapi, sebelum memakai sistem ini, ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah paling utama, yaitu mengunduh dan menginstal MCT dulu (khusus versi untuk Windows 10). Jika sudah terpasang, klik tombol Upgrade this PC now. Lalu tap Next untuk melakukan unduhan file pembaharuan atau update.

Nanti akan tampil halaman ketentuan lisensi dan tap terima atau accept untuk meneruskan.

Setelah itu MCT akan memeriksa ketersediaan update Windows 10. Kalau ada, teknologi ini akan mengunduhnya secara otomatis. Nantinya kalian akan melihat halaman atau jendela dengan opsi Ready to install. Lalu, tap tombol pasang.

Pastikan kalian klik opsi keep personal files and apps. Ini mencegah agar dokumen dan aplikasi tidak hilang saat proses update berjalan.

Langkah berikutnya cukup tunggu proses unduhan selesai secara tuntas. Sesudah itu, instal hasil download tadi. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.