Tips Upgrade Android

0

Gaes, upgrade merupakan kegiatan instal pembaruan dari sistem smartphone agar performanya meningkat ke tingkat yang lebih baik. Pembaruan ini bertujuan untuk mengatasi smartphone yang mulai lemot, aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri, sering hang, restart sendiri, terkadang mati sendiri atau pun untuk membuat tampilan menjadi lebih keren.

Kalau yang selama ini kita tahu, upgrade android biasanya berlaku dari lollipop ke marsmallow. Atau dari marsmellow ke nougat, ataupun dari nougat ke oreo, dan sebagainya. Pembaruan atau upgrade android dapat berlaku untuk semua vendor seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo, atau yang lainnya, yang pastinya mendukung segala macam hal yang berkaitan dengan upgrade.

Smartphone biasanya juga cara upgrade-nya berbeda beda, ada yang mengharuskan root dan instal twrp lebih dulu, ada juga yang harus mendownload software dan proses upgradenya memakai laptop. Lalu ada juga yang harus download dulu firmware terbarunya dan menyimpannya di memori smartphone, dan lainnya.

Kenapa harus upgrade? Tentunya supaya kinerja smartphone semakin baik. Lalu agar mengetahui kalau Update Android dalam masa akhir, atau sudah terdapat versi terbaru, ada baiknya kalau kalian mengetahui OS bawaan smartphone, atau pun yang lain supaya smartphone kalian selalu bekerja dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum upgrade Android, Gaes. Simak kuy.

 

Cek OS Android

Cara cek OS Android bisa dilakukan di Google.com atau aplikasi browser lainnya. Selanjutnya di laman pencarian, ketik kata kunci Latest OS. Pilih Menu atau ikon Search, atau kalau bingung kalian bisa mengklik tulisan atau menu Go yang ada di layar keyboard. Posisinya di pojok bagian kanan bawah layar. Tunggu informasi tentang OS ponsel yang kalian pakai.

 

Cek Jaringan

Kalian harus memastikan koneksi jaringan Internet sangat stabil dan kencang. Kalau bisa pakailah Wifi sendiri atau Wifi kantor, untuk meminimalisir kegagalan saat mengoperasikan Softwere Update. Saya tidak menyarankan memakai jaringan kuota data internet karena akan menghabiskan banyak waktu dan data kalian.

 Cek Baterai

Lihat apakah baterai dalam keadaan full dan prima. Sebab kalau saat proses Softwere Update dioperasikan, dan smartphone kalian tiba-tiba mati, tentunya pengunduhan jadi gagal dan juga terbuangnya kuota.

Cek Memori

Lihat apakah ruang penyimpanan kalian cukup. Kalau perlu sampai 500Mb ke 1Gb. Sebenarnya setelah kalian update, android hanya memakai RAM sedikit. Hal ini hanya untuk mencegah kemungkinan RAM samartphone kalian tidak mencukupi.

Back Up Data

Kegiatan ini sangat penting karena semua data baik baik berupa foto, audio musik, video file dan aplikasi akan terhapus nantinya. Kalian bsia menyimpan semua hal itu di Google Drive agar memudahkan kalian untuk menyimpannya kembali setelap upgrade.

Tips Upgrade Android untuk Semua Smartphone

Kalau tadi saya sudah bagikan apa yang harus diperhatikan sebelum upgrade, sekarang saya akan kupas satu-persatu tips untuk upgrade android semua smartphone.

Upgrade Android Melalui OTA

Sebelum upgrade, pastikan ada paket internet atau memakai WiFi. Setidaknya ada kuota 1GB karena biasanya akan memakan kuota nantinya.

Gaes, kabar baiknya cara ini bisa kalian lakuan untuk semua merek atau tipe smartphone. 

Pertamanya kalian buka fitur pengaturan. Pilih fitur tadi, sampai tampil kolom informasi berupa menu dari seluruh pengaturan ponsel. Cari menu atau kolom About atau Tentang Ponsel kalau ponsel diatur dengan bahasa Indonesia.

Kedua, kalau sudah menemukan kolom About, kalian bisa pilih kolom tersebut. Umumnya ada di sebelah kiri paling bawah pada layar menu pengaturan smartphone.

 

Ketiga, lihat sebelah kanan, umumnya laman sebelah kanan akan muncul informkasi menu pilihan dari kolom About atau Tentang. Baik dari informasi Sofwere Update, menu status battery ponsel dan versi terbaru, menu versi inilah yang harus di lihat, apakah ada update terbaru OS atau tidak.

 

Keempat, pilih Sofware Update. Saat ada tulisan Download, silahkan tekan ok saja.

 

Kelima, tunggu proses download sampai selesai dan otomatis smartphone akan melakukan pembaruan. Selesai

 

Upgrade Android Melalui Situs Resmi

Kalian bisa memakai laptop atau PC saat menggunakan cara ini. Kalian bisa membuka website atau langsung ke laman website resmi dari vendor ponsel tersebut untuk bisa upgrade ke versi terbaru.

Langkah awal, bukalah website resmi dari merk smartphone kalian, contohnya Samsung di link https://www.samsung.com/id/ atau Xiaomi di link https://www.mi.co.id/ 

Berikutnya, buka menu Support and download, kemudian cari tipe smartphone yang kalian pakai. Kalau sudah ketemu, silahkan klik pembaruan perangkat terbaru

 

Selanjutnya, download firmware. Kemudian download software pendukung untuk diinstal di laptop kalian, kalau Samsung bisa memakai Kies, sedang Xiaomi bisa memakai MiFlash.

 

Setelah itu, hubungkan smartphone kalian ke laptop. Pilih Download atau mulai Flash. Tunggu sampai selesai.

 

Upgrade Anroid Melalui Custom Rom

Pertamnya, kalian harus mencari custom rom yang cocok untuk kalian pasangkan. Setelah itu download custom rom tersebut dan simpan di SD Card

 

Selanjutnya masuk ke recovery mode (klik tombol home + volume atas + power bersamaan). Lali pilih wipe data dan wipe cache.

 

Setelah selesai kembali dan klik advance. Kemudian pilih wipe dalvik cache

 

Pilih kembali dan klik install zip from sd card. Selanjutnya cari custom rom yang sudah kalian download tadi. Klik dan tunggu proses ganti rom sampai selesai.

 

Terakhir,  pilih reboot dan sukses.

 

Gaes, itu tadi tips upgrade dari saya. Semoga bisa memberi pencerahan untuk kalian yang ingin melakukan upgrade OS smartphone milik kalian. 

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.