Trik Membuat Smartphone Android menjadi CCTV

0

Teknologi makin berkembang canggih. Kita pun terbawa arus karena ingin update dan membeli smartphone Android baru. Bukankah kemudian Android lama kita yang masih berfungsi jadi tidak terpakai? Kalau jawabannya iya, maka kalian bisa membuat Android tersebut menjadi CCTV.

Hah? Bisa gitu?! Bisalah.

Kalian hanya perlu smartphone Android, aplikasi di dalam smartphone, charger, dan jaringan WiFi atau pun koneksi internet minimal 3G ya, Gaes.

Hal ini tentu tidak sulit karena kita pasti di rumah ada koneksi internet. So, mau cobain buat Android kalian jadi CCTV?

Trik Membuat Smartphone Android Menjadi CCTV dengan Alfred Camera

Apakah penting membuat smartphone Android kalian menjadi CCTV? Ya, mungkin tidak penting. Akan tetapi, dengan adanya CTTV ini, kalian dapat memantau ruangan tersayang kalian seperti kamar tidur di rumah, kamar kosan, atau pun ruang kerja kalian menjadi lebih aman dan waspada atas segala hal. 

Oke. Terus caranya bagaimana? Salah satunya dengan aplikasi gratsi di Google Play Store bernama Alfred Camera.

  1. Siapkan Dua Smartphone Android

Dengan modal smartphone, yang kalian perlukan sekarang adalah menyiapkan dua smartphone. Bisa Android atau iPhone.

Smartphone yang satu dipakai sebagai kamera CCTV, sedang yang satu lagi untuk viewer-nya. Kalian juga perlu siapkan charger agar CCTV kalian bisa aktif 24 jam.

Untuk menghasilkan kamera jadi stabil, pakailah tripod dan letakkan di tempat yang cukup tinggi sehingga jangkaunnya jadi makin luas dan banyak.

Satu lagi, pastikan koneksi internet kalian stabil. Kalau perlu pakai WiFi ya.

          2. Install Aplikasi Alfred Camera

Kalau semua sudah disiapkan, download aplikasi Alfred Home Security Camera.

Aplikasi ini tidak hanya bisa untuk smartphone Android, tapi juga bisa diinstall di iPhone. Download aplikasi ini di kedua smartphone yang akan kalian pakai ya, Gaes.

 

          3. Pilih Fungsi Smartphone

Setelah kalian mendownload, nanti akan ada tanpilan beberapa tutorial. Lalu akan tampil dua pilihan, gaes. Yaitu Camera dan Viewer.

Camera adalah pilihan yang menjadikan smartphone Android sebagai kameranya. Dan untuk hasil rekaman yang optimal dan maksimal, pakailah smartphone dengan kamera yang bagus dan terbaik.

Di pilihan Viewer, ini menjadikan smartphone kalian sebagai alat pemantau untuk melihat hasil rekaman smartphone yang kalian jadikan kamera secara real-time.

 

            4. Masukkan Akun Google yang Sama

Ketika kalian menentukan peran dari smartphone tersebut, kalian akan diminta memasukkan akun Google agar bisa terhubung satu sama lainnya.

Segera buat akun Google kalau kalian belum  punya, Gaes. Jangan lupa untuk menggunakan satu akun saja yang sama di kedua smartphone, karena aplikasi ini bisa terhubung lewat Google.

Nantinya, dengan akun Google ini kalian juga bisa mengakses kamera ini di komputer lewat siturnya Alfred.

 

            5. Pantau Aktivitas CCTV

Ketika kalian sudah menyelesaikan semua langkah tadi, segera letakkan smartphone kalian di tempat yang kalian mau. Bisa kalian pilih sendiri mau memakai kamera depan atau kamera belakang.

Aplikasi ini juga akan beroperasi di latar belakang dan akan terus merekan bahkan dalam kondisi layar sedang mati.

Agar bisa memantau smartphone Android yang sudah kalian jadikan CCTV, ingat kalian harus memasangkan aplikasi yang sama di samrtphone Android yang satunya lagi.

Saat smartphone yang kalian jadikan kamera sudah berfungsi, kalian bisa langsung memantau lewat smartphone yang satunya lagi.

Dan dengan aplikasi ini, kalian dapat merekam berbagai kejadian dan peristiwa yang terekan kamera, sehingga kalian bisa tahu apa yang terjadi saat kalian sedang meninggalkan ruangan kalian.

Bagaimana? Mudah bukan membuat CCTV dari smartphone Androis kalian? Daripada tidak dipakai, akan lebih baik smartphone lama kalian yang masih berfungsi dimanfaatkan.

Selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.