Uji Spesifikasi Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX memberikan gebrakan yang banyak diminati konsumen dengan dukungan SoC Unisoc Tiger T618 octa-core yang powerful dengan dipadukan RAM sebesar 6GB.

0

Salah satu smartphone merk lokal Advan GX kemarin resmi rilis di Indonesia dan membuat persaingan di segmen entry-level menengah makin ketat.

Smartphone sampai saat ini menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Selain dari luar negeri, ada juga perangkat yang diproduksi negeri sendiri.

Salah satu smartphone merk lokal Advan GX kemarin resmi rilis di Indonesia dan membuat persaingan di segmen entry-level menengah makin ketat.

Advan GX memberikan gebrakan yang banyak diminati konsumen dengan dukungan SoC Unisoc Tiger T618 octa-core yang powerful dengan dipadukan RAM sebesar 6GB.

Advan GX juga didukung quad camera yang canggih dengan kamera utama 48 megapiksel.

Ini jadi kemajuan pesat daripada pendahulunya, Advan G9 Pro. Dimana peningkatannya? Dari keduanya mana yang lebih bagus?

Langsung simak bareng kuy detailnya!

Advan GX vs Advan G9 Pro

Dilihat dari sisi desain, Advan GX dan juga Advan G9 Pro konsep desain yang sama dengan dukungan layar berponi minimalis pada bagian atasnya untuk meletakkan kamera depan. Advan GX tampil dengan casing belakang glossy yang tampak mewah dengan warna Ungu Biru Muda.

Sementara Advan G9 Pro hadir dengan casing belakang glossy yang datang dengan tekstur yang unik, dan juga tersedia di dua varian warna yaitu Green dan Blue.

Beda yang paling menonjol di ukuran Advan GX yang lebih besar, tebal, dan bobotnya lebih berat dari Advan G9 Pro.

Layar Advan GX vs Advan G9 Pro

Disini, Advan GX menawarkan layar sentuh deengan ukuran lebih besar, yaitu 6,82 inci. Sementara Advan G9 Pro menawarkan layar sentuh dengan ukuran lebih kecil, 6,6 inci.

Layar kedua smartphone ini sama-sama dibekali resolusi HD+ dengan teknologi panel IPS (In-Plane Switching).

Performa Advan GX vs Advan G9 Pro

Di bagian performa, Advan GX ada peningkatan performa yang signifikan daripada Advan G9 Pro berkat dukungan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T618 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MP2 untuk performa yang kompetitif.

Sementara itu Advan G9 Pro kalah kencang dari Advan GX sebab hanya ditenagai SoC Unisoc SC9863A yang ditunjang prosesor octa-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core kecepatan 1,6GHz dan quad-core kecepatan 1,2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU IMG PowerVR GE8322.

Kamera Advan GX vs Advan G9 Pro

Di bagian fotografi, Advan GX meningkat signifikan kemampuannya karena dibekali empat kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel lensa aperture f/1.8 yang memakai sensor BSI CMOS 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus (PDAF), AI, dan LED flash.

Di kamera kedua punya kekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang memberi hasil foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Dan kamera ketiga juga keempat 2 megapiksel dan 0,3 megapiksel dengan lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk mendapatkan hasil foto bokeh dengan mode portrait.

Di sisi lain, Advan G9 Pro sesungguhnya juga dilengkapi empat buah kamera belakang, tetapi resolusi kamera utamanya lebih kecil dan manfaat kamera tambahannya kurang signifikan.

Kamera utama Advan G9 Pro ini 16 megapiksel dengan sensor Sony dengan fitur phase-detection autofokus dipadukan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash.

Kamera kedua, ketiga dan keempat kekuatannya 0,3 megapiksel yang berguna sebagai Beauty Effect, AI Lens, dan depth sensor untuk mendapat hasil foto bokeh yang menawan.

Kamera Depan Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX juga memberikan peningkatan signifikan untuk foto selfie dengan dukungan kamera resolusi 25 megapiksel, sensor BSI CMOS dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan dikuatkan fitur AI untuk foto selfie dan video call.

Sementara Advan G9 Pro hanya didukung dengan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel untuk foto selfie atau video call.

Perangkat Lunak Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX memakai sistem operasi yang lebih baru, Andorid 11 dengan antarmuka IDOS. Sementara Advan G9 Pro masih memakai basis sistem operasi Android 10 dengan antarmuka IDOS.

Belum ada informasi apakah Advan G9 Pro akan memperoleh update ke Android 11 di masa mendatang atau tidak.

Fitur Keamanan Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX dibekali fitur keamanan sensor sidik jari di sisi belakangnya. Dan untuk Advan G9 Pro tidak ada sensor sidik jari. Kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi fitur face unlock.

Harga Advan GX vs Advan G9 Pro

Harga Advan GX RAM 6GB ROM 64GB terbaru di Indonesia di kisaran Rp 1.999.000 dan ditawarkan dengan harga promo ketika pre-order 1.799.000. Sementara harga Advan G9 Pro terbaru saat artikel ini ditulis lebih murah, yaitu Rp 1.399.000.

Pilih Mana?

Secara umum, Advan GX terlihat lebih menarik sebab menawarkan peningkatan banyak sektor, misalnya layar lebih besar, performa yang jauh lebih kencang, kamera lebih mumpuni, versi Android yang lebih baru, dan juga fitur lebih lengkap.

Hanya saja dana tidak mencukupi, Advan G9 Pro jadi pilihan tepat.
Kalian, pilih yang mana?

Leave A Reply

Your email address will not be published.