Uji Spesifikasi Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M32 lebih baik dari pendahulunya karena dukungan SoC MediaTek Helio G80. Layar Galaxy M32 juga lebih superior di refresh rate 90Hz.

0

Kapasitas baterai yang besar masih jadi ciri khas Samsung Galaxy M series ini, termasuk Galaxy M32 yang dibekali baterai berkapasitas 5000MAh dan sudah ada dukungan fast charge dengan daya 25W.

Kabar gembira untuk kalian para pengguna setia smartphone Samsung, karena Samsung Indonesia akhirnya secara resmi mengenalkan Galaxy M32.

Kapasitas baterai yang besar masih jadi ciri khas Samsung Galaxy M series ini, termasuk Galaxy M32 yang dibekali baterai berkapasitas 5000MAh dan sudah ada dukungan fast charge dengan daya 25W.
Bukan hanya itu, Samsung Galaxy M32 memberikan banyak peningkatan daripada pendahulunya, Galaxy M31.

Untuk performa, Samsung Galaxy M32 lebih baik dari pendahulunya karena dukungan SoC MediaTek Helio G80. Layar Galaxy M32 juga lebih superior di refresh rate 90Hz. Di samping itu, ada peningkatan lain di beberapa segi. Penasaran apa saja? Langsung cek kuy, Gaes!

Desain Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31 sejatinya punya banyak kesamaan kalau dilihat dari desain fisik. Samsung Galaxy M32 ataupun Samsung Galaxy M31 sama-sama menawarkan desain dengan poni minimalis yang dikenal dengan Infinity-U display. Kedua perangkat ini mengusung bezel layar yang cukup tipis.

Samsung Galaxy M32 hadir dengan desain cukup menarik dengan gaya mirip dengan Galaxy M62 dengan susunan empat buah kamera bergaya Square Typed dan ditandemkan dengan casing belakang bertekstur vertikal strip, dan juga hadir dalam tiga varian warna yakni Light Blue, Black, dan White.

Sementara Samsung Galaxy M31 rilis dengan dibalut casing berbahan polikarbonat dengan finishing glossy, dan hadir dalam tiga varian warna yaitu Ocean Blue, Space Black, dan Red. Di samping itu, keempat kameranya tersusun sebagaimana huruf L terbalik dengan housing berwarna hitam. Samsung Galaxy M32 lebih tipis dan ringan dari Galaxy M31.

Layar Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Kedua perangkat ini mengusung spesifikasi layar yang sama yaitu Infinity-U Display ukuran 6,4 inci dengan teknologi panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) kapasitif display dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang menyediakan kerapatan sampai 411 piksel per inci dengan kecerahan sampai 800 nits.

Tetapi, layar Samsung Galaxy M32 lebih bagus dari Samsung Galaxy M31 sebab dilengkapi dengan refresh rate 90Hz dengan teknologi Real Smooth yang membuat animasi dan game berjalan mulus, bebas gejala screen tearing dan screen stuttering.

Fitur ini membuat nayaman saat gaming dan juga menikmati konten multimedia. Semenatra Samsung Galaxy M31 masih mengunggulkan layar dengan refresh rate 60Hz yang bisa dikatakan standar dan masih memakai Gorilla Glass 3.

Performa Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Kinerja Samsung Galaxy M32 lebih kencang dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G80 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 kecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 8GB, dan juga diperkuat grafis tangguh dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2.

Untuk performa Samsung Galaxy M31 kalah kencang dari Galaxy M32 sebab masih ditenagai oleh Samsung Exynos 9611 (10nm) yang mengusung prosesor octa-core terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 kecepatan 2,3GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 kecepatan 1,7GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU Mali-G72 MP3.

Kamera Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Kedua perangkat sama-sama dilengkapi empat buah kamera belakang dengan kamera utama resolusi 64 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL Plus GW3 1/1.97 inci 0.7um piksel dengan fitur phase-detection autofokus dipadukan lensa aperture f/1.8 lengkap dengan LED flash yang bisa menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Kamera kedua ini resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang dipadukan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat.

Beda ada di kamera ketiga dan keempat dimana Samsung Galaxy M32 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berguna sebagai kamera dedicated macro.Sementara kamera keempat kekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berguna sebagai depth sensor.

Samsung Galaxy M31 sedikit lebih baik sebab kamera macro dan depth sensor-nya punya kekuatan 5 megapiksel.Untuk performa kamera belakangnya bisa dibilang seimbang karena kamera ketiga dan keempat jarang dipakai.

Kamera Depan Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Kamera depan Samsung Galaxy M31 lebih baik dengan dukungan resolusi 32 megapiksel dengan sensor BSI 1/2.8 inci 0.8um piksel dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup tangguh untuk foto selfie dan video call.

Di sisi lain, Samsung Galaxy M32 dilengkapi kamera okekuatan 20 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus yang cukup tangguh untuk foto selfie dan video call.Karena itu, kalian penggemar swafoto atau foto selfie bisa memilih Galaxy M31 dengan resolusi kamera depan yang lebih tinggi.

Perangkat Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M32 datang dengan sistem operasi baru, yaitu Android 11 dengan antarmuka One UI 3.0. Sementara Samsung Galaxy M31 hadir dengan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.0. Tetapi walau begitu, Galaxy M31 memperoleh jatah upgrade ke Android 11, sehingga setara dengan Galaxy M32.

Baterai Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Galaxy M31 dibekali baterai berkapasitas 6000mAh didukung fitur fast charging dengan daya maksimal 15W. Sementara Samsung Galaxy M32 didukung baterai 5000mAh yang diperkuat fitur fast charging yang lebih cepat dengan daya maksimal 25W.Karena itu, kapasitas baterai Samsung Galaxy M31 lebih baik dari Galaxy M32.

Fitur Lain Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy M32 dari Galaxy M31 yaitu kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) yang didukung fitur Samsung Pay.

Fitur NFC ini punya banyak kegunaan contohnya transfer file, transaksi cashless, cek saldo e-money, dan lainnya.Sesungguhnya, Galaxy M31 varian tertentu juga telah dibekali fitur NFC, tetapi varian yang beredar di Indonesia ternyata tidak punya fitur tersebut.

Harga Samsung Galaxy M32 vs Samsung Galaxy M31

Harga smartphone Samsung Galaxy M32 RAM 8GB ROM 128GB di tanah air dibanderl dari harga Rp 3.299.000. Sementara harga Samsung Galaxy M31 turun dari harga awal peluncuran, yaitu Rp 2.899.000.
Pilih Mana?

Secara umum, Samsung Galaxy M32 ini penerus Galaxy M31 yang cukup menarik dengan desain yang lebih fresh, fitur yang lebih lengkap, dan performa lebih kencang. Kapasitas baterainya lebih kecil, tetapi bisa fast charge yang lebih cepat, 25W.

Walau begitu, Samsung Galaxy M31 juga masih pantas kalian fikirkan bagi yang perlu daya tahan baterai andal, kamera depan yang lebih mumpuni, dan tentu saja harga yang lebih murah.
Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.