Ukuran Foto Instagram

0

Gaes, saat kalian ingin upload foto di akun IG, sebelumnya pernahkah berpikir berapa ukuran foto instagram yang benar dan tepat? Pertanyaan ini muncul karena hasil foto yang diupload di feed kadang tidak pas, buram, blur, pecah, bahkan ada yang terpotong.

Hal ini tentu saja mengganggu ketika kalian sudah mempunyai foto yang bagus dan siap upload ke feed instagram, ternyata hasilnya menjadi jelek karena buram atau terpotong.

Gaes, kalian harus tahu, kalian itu harus memenuhi kriteria instagram baik itu dari segi dimensi piksel dan aspek rasio foto. Sebab kalau kalian tidak memenuhinya, nanti hasil postingan foto yang ada di instagram juga berubah dan tidak sesuai dengan aslinya.

Mengatasi Foto IG Terpotong

Jika kalian perhatikan, foto yang dihasilkan oleh instagram biasanya berbentuk persegi. Itu artinya kalian wajib memakai foto yang berbentuk persegi supaya hasil foto di instagram tidak terpotong.

Apabila kalian iseng upload foto dengan bentuk persegi panjang, foto kalian nanti akan terpotong sebagian sehingga menjadi persegi. Contohnya foto dengan ukuran 1200 x 700 piksel, mau tidak mau kalian harus memotong foto itu sebelum upload ke instagram.

Ukuran Foto di Instagram

Kalian juga harus memperhatikan dimensi foto dan video sebelum kalian upload ke instagram supaya foto yang diposting di feed atau postingan tidak blur, buram, ataupun berkurang kualitasnya.

Apabila kalian adalah orang yang memperhatikan kualitas feed di akun IG kepunyaak kalian, ukuran foto dan video adalah syarat yang harus kalian pahami untuk hasil foto yang kalian upload bisa bagus dan tidak terpotong atau buram.

Ada beberapa ukuran foto dan video yang pas untuk instagram, dan harus kalian tahu ya, Gaes.

Pertama, ukuran Foto Feed Instagram. Foto yang di upload setidaknya mempunyai minimal 640 x 640 piksel. Atau pakai 1080 x 1080 piksel kalau kalian ingin kualitas foto yang lebih tinggi.

Kedua, ukuran Postingan Video Instagram. Untuk video di instagram, juga berlaku sama seperti foto yaitu 640 x 640 atau 1080 x 1080 px.

Ketiga, ukuran Foto Profil IG. Foto profil mempunyai dimensi yang kecil, tapi pakai foto dengan minimal 110 x 110 piksel.

Memakai dimensi foto dan video yang tinggi tentunya bisa membuat hasil postingan instagram kalian mempunyai kualitas yang bagus. Foto dan video di feed akun IG tidak akan tampak buram maupun blur.

Nah, kini kalian tidak perlu khawatir lagi foto atau video postingan instagram kalian terpotong. Sebab, instagram sudah bisa menyesuaikan aspek rasio 1:1 (persegi) dengan mudah.

Tentu ini juga didukung sebab munculnya tampilan feed instagram dalam bentuk landscape dan vertikal. Untuk ukuran dimensi dan aspek rasio yang direkomendasikan, perhatikan gambar di atas.

Gaes, memang dengan menyesuaikan foto dan video di postingan instagram bisa memberi peran penting untuk kalian. Apalagi jika kalian memakai instagram sebagai media untuk bisnis usaha kalian.

Kualitas postingan atau feed instagram bisa menjadi penilaian untuk beberapa orang yang melihat profil IG kalian. Tampilan feed yang bagus dan menarik tentu menjadi nilai plus kepada pemilik akun instagram tersebut.

Karena itu, pastikan apakah postingan instagram kalian sudah benar sesuai yang disarankan instagram atau belum.

Itulah ulasan tentang beberapa ukuran foto dan video yang cocok sebelum kalian upload ke feed instagram kalian. Apabila kalian ada kendala atau kesulitan, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.