Unggul Mana Samsung Galaxy Fold vs Galaxy Z Fold 2?

Samsung Galaxy Z Fold2 hadir memberikan fitur baru dengan laju penyegaran 120 Hz yang dapat membuat tampilan pergerakkan pada layar dua kali lipat lebih mulus dari yang normal.

0

Samsung Galaxy Fold sendiri sebagai smartphone lipat Samsung pertama memang masih ada kekurangan, sebab bagaimanapun, ini teknologi yang baru. Namun kehadiran Galaxy Z Fold2 sepertinya memberikan angin segar bagi penyuka smartphone dengan style efisien tapi tetap fleksibel ini. Lalu lebih unggul mana antara Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold2 ini?

Kalian penggemar smartphone keluaran Samsung? Pasti kalian juga sudah melihat smartphone yang memberikan cara kerja dari tablet sekaligus smartphone pada satu perangkat yang sama.

Samsung Galaxy Fold sendiri sebagai smartphone lipat Samsung pertama memang masih ada kekurangan, sebab bagaimanapun, ini teknologi yang baru. Namun kehadiran Galaxy Z Fold2 sepertinya memberikan angin segar bagi penyuka smartphone dengan style efisien tapi tetap fleksibel ini.

Lalu lebih unggul mana antara Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold2 ini?

Adanya Refresh Rate 120 Hz

Samsung Galaxy Z Fold2 hadir memberikan fitur baru dengan laju penyegaran 120 Hz yang dapat membuat tampilan pergerakkan pada layar dua kali lipat lebih mulus dari yang normal.

Laju penyegaran atau refresh rate ini membuat kalian memperoleh pengalaman lebih baik ketika smartphone digunakan untuk menonton, gaming, atau sekadar scrolling konten-konten feed menarik di sosmed.

Sedangkan Samsung Galaxy Fold tidak menghadirkan refresh rate 120 Hz. 

Ukuran dan Resolusi Layar

Pada dasarnya konsep smartphone lipat seperti Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold2 ini memberikan tampilan layar kedua pada cover.

Samsung Galaxy Z Fold2 lebih unggul sebab mempunyai ukuran layar cover yang lebih besar, yaitu 6,23 inci dengan resolusi 816 x 2260 piksel. Sedangkan, rasio layarnya 25:9.

Ukuran layar cover yang lebih besar mempermudah kalian dalam beraktivitas sehari-hari. Di sisi lain, Samsung Galaxy Fold ukuran bentang layarnya 4,6 inci pada resolusi 720 x 1680 piksel dengan aspek rasio 21:9.

Kemudian layar utamanya juga punya ukuran berbeda. Samsung Galaxy Z Fold2 lebih unggul dengan ukuran 7,6 inci (Dynamic AMOLED 2X) daripada Samsung Galaxy Fold dengan layar 7,3 inci (Dynamic AMOLED).

Resolusi juga lebih unggul Galaxy Z Fold2 dengan resolusi 1768 x 2208 piksel, dan pada Galaxy Fold resolusinya 1536 x 2152 piksel.

Snapdragon 855 vs. Snapdragon 865+

Samsung Galaxy Fold memang tidak dapat mengalahkan Samsung Galaxy Z Fold2 dari segi performa. Galaxy FOld hanya diotaki Snapdragon 855, beda dengan Galaxy Z Fold2 yang menghadirkan Snapdragon 865 Plus.

Performa kedua chipset ini jauh berbeda, sebab SD 865+ dapat meraih clock speed sampai 3.1 GHz untuk mengoptimalkan satuan FPS dalam gaming.

Kehadiran Flex Mode

Ini merupakan fitur terbaru dari Galaxy Z Fold2 dimana kalian dapat menekuk smartphone pada sudut tertentu untuk memunculkan antarmuka yang lebih praktis.

Contohnya ketika kalian memakai kamera. Ketika smartphone ditekuk sampai sudut tertentu, smartphone akan memunculkan viewfinder di layar sebelah atas. 

Di layar bawah, perangkat memunculkan pranala atas foto terakhir yang kalian ambil, dan juga menayangkan kontrol kamera.

Akibatnya, pemakaian smartphone ini pun dapat menjadi serupa seolah kalian sedang memegang konsol portabel dual screen layaknya Nintendo DS atau Nintendo 3DS. Fitur ini tidak akan kalian temui di Samsung Galaxy Fold.

Varian Memori Internal

Baik Samsung Galaxy Fold ataupun Samsung Galaxy Fold2 sudah sama-sama menyediakan media penyimpanan pada kapasitas 512 GB dengan standar yang berbeda. 

Galaxy Fold menawarkan teknologi UFS 3.0, dan Galaxy Z Fold 2 selangkah lebih maju pada standar UFS 3.1.

Kamera

Samsung Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold2 memang menyediakan konsep desain yang menarik. Tetapi dari segi fotografi, kedua smartphone ini tidak punya kamera yang cukup unggul di kelas harganya.

Galaxy Fold menyediakan lensa utama 12 MP f/1.5-2.4 dengan ukuran sensor 1/2.55 inci, dipadukan dengan lensa telefoto 12 MP yang bisa zoom optik 2X, dan juga sensor ultrawide berkekuatan 16 MP pada ukuran sensor 1/3.1 inci.

Dan di Galaxy Z Fold 2, konfigurasi tiga lensanya terdiri dari kamera utama 12 MP f/1.8 dengan ukuran sensor lebih besar, 1/1.76 inci. Dua lensa lainnya, lensa telefoto 12 MP dengan kemampuan zoom optik 2X, dan kamera ultra lebar 12 MP dengan FOC 123 derajat.

Kedua smartphone bisa merekam video sampai resolusi 4K. Fitur video ini digabungkan dengan standar kualitas HDR10 pada Galaxy Fold dan HDR10+ pada Galaxy Z Fold2.

Selain itu di bagian depan, Galaxy Z Fold2 punya dual kamera dengan resolusi berbeda, sedangkan Galaxy Fold satu kamera saja.

Total kamera yang dimiliki Galaxy Fold adalah enam buah, sedangkan Galaxy Z Fold2 hanya lima buah saja.

Desain Bodi

Karena ukuran layar cover yang kecil pada Galaxy Fold, bagian depannya tampak aneh sebab menyisakan bezel raksasa di bagian dagu dan dahinya. Penampilan ini jadi tidak terlihat natural untuk sebuah smartphone. Samsung sadar, lalu menghadirkan layar penuh pada bagian cover Samsung Galaxy Z Fold2.

Ketika smartphone berada pada mode tablet, Galaxy Fold menyediakan desain poni dengan dua lensa, berbeda dengan Samsung Galaxy Z Fold2 yang menghadirkan kamera punch-hole. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa Galaxy Z fold2 lebih unggul daripada Galaxy Fold.  Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.