Unroot Tanpa Takut Garansi Android Hilang

0

Gaes, mungkin ada sebagian dari kalian bertanya-tanya, apa sih unroot? Itu buat apaan ya? 

Gaes, unroot adalah proses mengembalikan smartphone seperti sebelum di root. Untuk kalian para pengguna android yang sudah pernah melakukan root pada android kalian, sehingga kalian tidak bisa mengklaim garansi pabrik. Maka kalian harus melakukan beberapa hal ini.

Sebagai peringatan awal, saat kalian melakukan root maka kalian akan kehilangan garansi pada android kalian atau sering juga disebut “tidak segel.” Terkadang ini memang bisa merugikan kalian,  karena harga smartphone android yang kalian jual akan menurun karenanya. Melakukan unroot ini juga tidak terlalu sulit, dan kalian juga tidak perlu memakai komputer atau laptop untuk melakukannya.

Ada dua aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk melakukan unroot smartphone Android kalian. Simak sampai selesai ya.

Aplikasi KingRoot

Gaes, aplikasi ini umumnya kalian bisa pakai untuk melakukan root pada Android smartphone tetapi untuk unroot android kalian. Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi ini kembali.

Langkah awal, pastikan dulu apakah kalian pernah melakukan root memakai aplikasi KingRoot ini. Kalau pernah, langsung  buka aplikasi KingRoot.

 

Selanjutnya kalian masuk serta menjalankan aplikasi KingRoot ini, kemudian anda pilih pada bagian Menu kemudian pilih atau tekan pada tulisan Uninstall KingRoot pada General setting. Seperti pada gambar di bawah ini.

 

*pic uninstall kingroot_1

 

Kalau sudah, pilih Continue jika kalian sudah merasa yakin untuk meng- unroot android kalian atau mengembalikan pada keadaan semula. Untuk dapat mengembalikan garansi android. Seperti pada gambar di bawah ini. Maka unroot selesai dan kalian tinggal merestart Android kalian untuk memuat ulang semua konten seperti semula.

 

*pic uninstall kingroot-continue

Aplikasi File Manager

Kalau kalian melakukan root pada smartphone android kalian tanpa aplikasi apapun alias manual maka kalian bisa melakukan dengan menggunkan file manager yang memberikan akses root pada android seperti Root ExplorerES File Explorer, ataupun X-Plore File Manager

 

Pertama, download aplikasi file manager yang memberikan akses root seperti aplikasi Root ExplorerES File Explorer, ataupun X-Plore File Manager. Pilih yang kalian sukai. Lalu download dan ketikkan keywoard tersebut untuk menemukannya kemudian pasang. Tunggu hingga proses download serta pemasangan selesai. Kalau berhasil, jalankan aplikasi tersebut.

 

Kedua, saat kalian sudah  menjalankan salah satu aplikasi yang sudah kalian pasang tersebut, selanjutnya buka file manajer. Sebagai contoh saya memakai aplikasi ES File Explorer, kemudian aktifkan fitur Root Explorer pada menu di sebelah kiri kemudian pilih atau tekan pada tools maka akan muncul fitur Root Explorer yang belum diaktifkan maka geser lingkaran di samping tulisan. Gambarnya seperti di bawah ini.

 

*pic file manager 1

 

Ketiga, buka pada direktori root dengan tanda “/” kemudian cari “/system/bin/”. Setelah itu cari file dengan nama “su” pada folder bin kemudian pilih pada hapus dengan ikon tempat sampah di bawah. Seperti pada gambar di bawah ini.

 

*pic file manager_2

 

Keempat, buka pada folder “ /system/xbin/, lalu scroll hingga kalian menemukan file su lagi kemudian hapus lagi. Seperti gambar di bawah ini.

 

*pic file manager_3

 

Terakhir, hapus aplikasi Super SU atau KingRoot dari android kalian. Caranya dengan membuka folder / system/ app/, kemudian scroll hingga kalian menemukan file SuperSU.apk atau Kinguser.apk sesuai aplikasi apa yang kalian pakai untuk melakukan root di dalam folder yang sesuai dengan nama aplikasi kalian, kemudian hapus. Seperti gambar di bawah ini.

 

*pic file manager_4

Jika semua proses selesai kini kalian tinggal restart android dan semua jejak root kalian sudah menghilang. Kini kalian bisa  kembali mendapatkan garansi android kalian.

 

Itulah dua cara unroot Andorid tanpa takut garansi smartphone menghilang. Selamat mencoba dan salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.