Waspada Hacker Manfaatkan Peta Virus Corona untuk Menginfeksi Komputer Anda

0

Ketika virus  corona mengancam dan menjadi pandemi global, semua orang mengawasi dengan cermat bagaimana penyebarannya di seluruh dunia dan bagaimana cara mengatasinya. Semua berupaya mencari cara mengatasi agar virus tersebut segera pergi, tak terkecuali dengan masyarakat Indonesia .

Semua usaha sudah dilakukan, seperti penerapan Social Distancing, PSBB, karantina yang mengharuskan setiap orang beraktivitas di rumah, dan tentu sistem belajar online yang kadang memerlukan internet lebih banyak dan menjadi hambatan orang-orang yang beraktivitas selama Work From Home dan mempunyai jangkauan susah internet di daerah terpencil.

Baca Juga : Hati-Hati Menerima Email Update Windows 10 Lewat Email Mengandung Virus Ransomware

Dari beberapa organisasi sudah membuat dasbor untuk melacak informasi penyebaran COVID-19 . Hanya saja sekarang, peretas sudah menemukan cara untuk memanfaatkan dasbor ini untuk menyuntikkan malware ke komputer.

Shai Alfasi, seorang peneliti keamanan di  Reason Labs , menemukan bahwa hacker atau peretas memanfaatkan peta ini untuk mencuri informasi pengguna termasuk nama pengguna, kata sandi, nomor kartu kredit, dan info lain yang tersimpan di browser kalian.

Baca Juga : Cara Mengetahui Smartphone Diretas

Penyerang merencanakan situs web yang terhubung dengan peta virus corona untuk meminta kalian mengunduh aplikasi supaya kalian memperoleh informasi terbaru tentang situasinya.

Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi apa pun, dan menunjukkan kepada kalian peta tentang bagaimana COVID-19 menyebar. Tetapi, ini adalah tempat bagi penyerang untuk menghasilkan file biner berbahaya dan menginstalnya di komputer kalian.

Sekarang ini, malware hanya mempengaruhi mesin Windows. Hanya saja,  Alfasi mengharapkan penyerang untuk bekerja pada versi baru yang mungkin mempengaruhi sistem lain juga. 

Alfasi mencatat bahwa cara ini memanfaatkan perangkat lunak berbahaya yang dikenal sebagai  AZORult , yang pertama kali ditemukan pada tahun 2016. Perangkat lunak ini dibuat untuk mencuri data dari komputer kalian dan menginfeksinya dengan malware lain juga. 

Baca Juga : Ahli Keamanan peringatkan Work From Home Rentan Diretas hacker

Peneliti mencatat bahwa AZORult bisa mencuri informasi dari komputer kalian termasuk kata sandi dan cryptocurrency.

Mereka memakai untuk mencuri riwayat penelusuran, cookie, ID atau kata sandi, cryptocurrency dan banyak lagi. Ini juga bisa mengunduh malware tambahan ke mesin yang terinfeksi. AZORult biasanya dijual di forum bawah tanah Rusia untuk tujuan mengumpulkan data sensitif dari komputer yang terinfeksi.

Varian baru AZORult menginstal akun admin rahasia di komputer kalian untuk melakukan serangan jarak jauh.

Awal bulan ini, penelitian dari perusahaan keamanan Check Point mencatat sudah lebih dari 50 persen domain yang terhubung dengan virus corona dirancang untuk menginstal malware di sistem kalian.

Walaupun penting untuk memperoleh informasi tentang virus corona, kalian harus memakai dasbor yang terverifikasi untuk mencegah agar tidak perangkat kalian tidak diretas.

Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian agar berhati-hati saat mengklik sebuah tautan terkait virus corona.

Baca Juga : Cara Meudah mengamankan Facebook

Kalau ada pertanyaan seputar cara mudah mematikan komputer otomatis tanpa software tambahan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji dan bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini, juga review game terbaik dan juga perangkat mobile ataupun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.