Waspada, Ini Cara Menemukan Kamera Pengintai Tersembunyi

0

Saat ini teknologi lebih kecil dan lebih murah dari sebelumnya, menjadi mudah untuk menginstal kamera tersembunyi hampir di mana saja. Bahkan, begitu kalian mulai mencari, kalian mungkin menyadari bahwa kamera ada di mana-mana: pada sinyal lalu lintas, di tempat parkir dan di dalam toko.

Apabila kalian membaca artikel ini di ponsel sambil menunggu kopi pagi kalian, mungkin ada kamera yang mengawasi kalian sekarang. Kalian bahkan mungkin mempunyai beberapa kamera “tersembunyi” kalian sendiri, seperti Dropcams untuk keamanan rumah, kamera untuk menonton pengasuh bayi atau kamera bel pintu untuk melihat siapa yang mengetuk.

Baca Juga : Fitur Kamera Smartphone Yang Mengubah Dunia Fotografi

Kamera ini mempunyai banyak manfaat yang sangat sah. Mereka bisa memberikan keamanan di ruang publik dan mencegah pencurian di bisnis. Masalah muncul saat mereka dipakai untuk tujuan jahat, yang terjadi lebih sering daripada yang kalian inginkan. Bahkan, kamera kecil yang tidak mencolok ini bisa dengan mudah dibeli secara online.

Menjelajahi olshop utuk kamera tersembunyi sangat banyak jenisnya. Kamera disamarkan sebagai, gantungan baju, jam alarm, adaptor daya, detektor asap, bingkai foto dan bahkan botol air. Biasanya dari mereka wireless dan bertenaga baterai. Kamera-kamera ini mudah didapatkan, dan sebagian besar tidak membutuhkan keterampilan teknis untuk menginstal, yang berarti siapa pun dengan niat buruk bisa menempatkannya di tempat umum dan menonton kalian ketika kalian tidak menyadarinya.

Bukankah Kamera Tersembunyi Adalah Ilegal?

Hukum yang berkaitan dengan kamera tersembunyi berbeda-beda dari satu negara ke negara lain. Karena itu kalian harus memeriksa undang-undang setempat untuk mengetahui secara spesifik di wilayah kalian.

Masalahnya umumnya sampai pada di mana kalian bisa mengharapkan “harapan privasi yang masuk akal”. Ada ruang-ruang tertentu yang kalian harapkan menjadi privasi, seperti kamar mandi, ruang ganti, kamar hotel dan ruang ganti, dan kamera pengintai yang ditempatkan di area seperti itu biasanya ilegal.

Baca Juga :Tips Mengambil Foto Bagus Dengan Mode Otomatis Kamera Digital

READ  Tips Membeli Kamera Digital Bekas

Akan tetapi, kalau tanda memberi tahu kalian bahwa kalian berada di bawah pengawasan di suatu tempat seperti di luar area ganti di toko di mana ada kamera untuk mencegah pencurian, kamera biasanya dianggap sah. Di ruang umum, seperti menelusuri pusat perbelanjaan atau berjalan menyusuri jalan kota, kamera biasanya sah apakah tersembunyi atau tidak.

Tentu saja, fakta kalau kamera tersembunyi mungkin ilegal tidak menghentikan orang untuk menempatkannya, jadi terserah kalian untuk tetap waspada.

Cara Memastikan Tidak Terekam Kamera Pengintai

Kamera kecil dan sering disamarkan, jadi hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melihat-lihat. Tidak semua orang yang menempatkan kamera tersembunyi melakukannya dengan cara yang paling cerdas, dan kalian mungkin bisa menemukannya dengan pemeriksaan ruangan yang cermat. Cari tanda-tanda berikut.

Kabel di tempat yang tak terduga atau kabel yang sepertinya tidak pergi ke mana pun. Sementara banyak kamera wireless, kabel yang tidak bisa dijelaskan bisa mengarah ke kamera tersembunyi.

Baca Juga : Aplikasi Kompres Foto Android

Lampu Kamera yang disusun untuk tersembunyi tidak akan punya tanda-tanda yang jelas seperti ini, tetapi kamera yang tidak dirancang untuk disembunyikan sering dilakukan, dan apabila orang yang menempatkan kamera tidak hati-hati, ini bisa menjadi hadiah yang jelas.

Lubang kecil di dinding atau tempat lain. Hanya dibutuhkan lubang jarum agar lensa kamera bisa melihat ke dalam ruangan. Beberapa jenis kamera tersembunyi mengambil keuntungan dari ini dengan bersembunyi di objek tidak berbahaya dengan lubang kecil untuk kamera.

Objek yang tidak biasa.  Kalau kalian berada di tempat yang sudah dikenal, cari apa pun yang baru atau sudah dipindahkan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Resolusi Foto

READ  Cara Memperbaiki masalah di Kamera Canon

Metode berteknologi rendah lainnya untuk menemukan kamera tersembunyi adalah mendengarkan. Walaupun ini tidak akan menangkap setiap kamera, beberapa kamera yang peka gerak membuat klik atau buzz lembut saat dihidupkan saat seseorang lewat.

Dalam lingkungan yang bising, kalian pasti tidak akan bisa mendengarnya, tetapi kalau kalian berada di tempat di mana kalian bisa mematikan lampu, radio, televisi, dan sumber suara lainnya, kalian mungkin bisa mendengar aktivasi kamera.

Hanya saja, metode di atas tidak mudah. Tetapi jangan menyerah dulu. Walaupun tidak semua kamera tersembunyi menghasilkan tanda-tanda kehadiran mereka yang terlihat jelas atau terdengar, setiap kamera mmepunyai lensa yang memantulkan cahaya apakah itu hidup atau mati.

Baca Juga : Cara Upload Foto Terjadwal di Instagaram Secara Otomatis

Kalian harus bisa melihat kamera dengan melakukan pemindaian menyeluruh pada ruangan dengan sumber cahaya, mencari kilatan cahaya sebab memantulkan sensor kamera. Cara ini masih belum sempurna, sebab kalian harus menyinari cahaya dari sudut kanan dan, dengan beberapa perangkat, cukup dekat dengan kamera untuk melihatnya.

Cara paling mudah untuk menemukan lensa tersembunyi memakai sumber cahaya adalah mematikan lampu dan menggeser senter di sekitar ruangan. Pergi perlahan, dan periksa tempat mencurigakan dari berbagai sudut. Kalau kalian melihat kilatan cahaya di tempat yang seharusnya tidak ada. Area dimana tidak ada cermin, kaca atau permukaan reflektif lainnya. Kalian mungkin sudah menemukan kamera. Cermin juga bisa mencurigakan, sebab kalian tidak akan bisa melihat kamera tersembunyi di belakangnya.

Buat pencarian kalian lebih mudah dengan memakai aplikasi pendeteksi kamera di ponsel cerdas kalian. Aplikasi ini memakai flash ponsel cerdas kalian untuk menerangi lensa kamera dan membantu kalian mendeteksi mereka, walaupun banyak yang sudah menerima ulasan negatif, yang menunjukkan betapa sulitnya menemukan kamera tersembunyi.

 

READ  Fujifilm GFX100, Kamera Mirrorless Harga Rp 150 Juta!

Gunakan Detektor Kamera Tersembunyi

Detektor kamera tersembunyi berkualitas profesional lebih mudah dipakai dan lebih efektif. Untuk mempermudah menemukan kamera tersembunyi secara visual, detektor memakai beberapa lampu LED yang berkedip. Atau dalam model yang lebih mahal, laser, untuk membantu menerangi lensa kamera.

Mudah dipakai sebagai senter. Cukup pegang mereka ke mata kalian (pastikan lampu menghadap jauh dari mata kalian) dan aktifkan mereka sambil melihat sekeliling ruangan.

Baca Juga : Foto Yang Akan Mendapat Banyak Like di Instagram

Seperti halnya lampu senter atau telepon pintar, kalian harus menekan kamera dari sudut kanan untuk memberi tahu kamera itu ada di sana, jadi kalian harus melihat sekeliling ruangan dengan lambat, dengan fokus pada area tertentu di mana kamera mungkin disembunyikan. Lensa kamera harus menyala di jendela bidik detektor, membuatnya mudah dikenali.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui kamera pengintai di sekitar kalian. Harap berhati-hati, dan akan lebih baik kalian melaporkan pada pihak yang berwenang jika menemukan kamera pengintai di suatu tempat agar bisa diproses sampai akhir.

 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.