Waspada Kelainan Fisik saat Berlebihan Main Smartphone

0

Smartphone seperti bukan lagi barang mewah untuk setiap orang. Karena saat ini hampir semua orang mempunyai paling tidak satu buah ponsel pintar atau smartphone pribadi mereka sendiri-sendiri. Mulai dari anak kecil hingga para lansia seakan-akan latah berbondong-bondong mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Membeli smartphone kaluaran produk terbaru agar terlihat up to date dan mengikuti life style anak-anak generasi milenial. 

Selain itu, banyak juga pekerjaan yang mewajibkan kita untuk terus berlama-lama menggunakan smartphone dan tak bisa jauh darinya sehari saja. Hal ini terjadi karena pekerjaan tersebut memang tak bisa selesai jika kita tidak terus online 24 jam atau dalam waktu tertentu. 

Contohnya adalah para selebgram dan pengemudi ojek online yang setiap saat pasti menggunakan smartphone untuk komunikasi atau meninggalkan postingan unutk dilike dan dikomentari sebagai selebgram.

Begitu juga dengan para pelaku usaha online. Pastinya mereka akan terus memantau usahanya secara online, dan bisa dipastikan mereka akan memegang smartphone dan bermain smartphone dengan durasi waktu lebih lama dari orang normal kebanyakan.

Kemudian di tengah segala fenomena ketergantungan para pengguna smartphone dengan segala kecanggihan melalui spesifikasi yang berlimpah dan layanan menarik, ternyata ada bahaya yang mengintai kita setiap saat.

Salah satu bahaya yang mengintai para pengguna smartphone yang suka asik sendiri atau terlalu asyik bermain smartphone dan kalian perlu waspada adalah adanya kelainan fisik.

Kelainan fisik ini bisa saja terjadi saat kita terlalu sering dan lama menggunakan smartphone yang kita punya.

Mungkin kalian penasaran kelainan fisiknya seperti apa saja? Baiklah, Gaes. saya akan memberikan beberapa kelainan fisik yang bisa timbul karena kita terlalu lama dan terlalu sering menggunakan smartphone atau gawa.

 

Smartphone Pinky.

Smarthphone Pinky di sini bukanlah sebuah perangkat dengan warna menarik pink, ditunjang dengan fitur layanan dan kelebihan lainnya.

Kelainan fisik ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kelainan pada jari yang membengkok akibat penggunaan msartphone terlalu sering dan lama. 

Kelainan ini umumnya terjadi terutama pada jari kelingking yang diakibatkan terlalu lama dan sering menopang bobot smartphone kita.

 

Tech-Neck

Kelainan fisik yang bisa juga terjadi saat kalian menggunakan smartphone adalah tech-neck.

Kelainan ini terjadi karena kepala kita terlalu lama menunduk. Awalnya para pengguna smartphone akan merasa lehernya pegal dan kaku di bagian leher sampai bahu.

Kalau kita membiarkan hal ini karena merasa sepele, biasanya kita akan mengalami leher yang jadi berat, sakit kepala, kesemutan, bahkan mati rasa.

 

Text Claw

Biasanya kelainan fisik untuk para pengguna smartphone ini terjadi saat kita terlalu lama dan sering sekali melakukan aktivitas mengetik pada smartphone.

Kelainan ini biasanya dialami dengan adanya rasa kram, nyeri pada jari-jari, kemudian telapak tanga kita sampai lengan bagian atas akan jadi nyeri berlebihan.

 

Trigger Fingger 

Trigger Finger adalah kelainan fisik yang ditandai dengan rasa nyeri saat kita meluruskan atau menekuk jari. Bahkan seringkali terdengar bunyi ‘klik’ saat jari digerakkan.

Hal ini terjadi karena adanya pembengkakan lapisan tendon yang mengganggu kelancaran gerakan gelincir tendon yang mengakibatkan rasa nyeri ketika menggerakkan jari.

 

Sleep Texting

Dikutip dari Kompas, menurut hasil penelitian Elizabeth Dowdell, profesor bidang keperawatan di Villanova University bersama timnya, mereka menemukan bahwa selama ini otak responden merekam kebiasaan yang sering mereka kerjakan, sehingga saat ada bunyi-bunyian dari smartphone, secara langsung kalian nanti akan menjawabnya meski sedang dalam keadaan setengah sadar atau tertidur.

Sleep texting ini umumnya terjadi ketika kalian sedang tertidur atau 1 sampai 2,5 jam sebelum menuju tidur, Gaes.

Nah, itu tadi ya beberapa kelainan fisik yang terjadi saat kalian terlalu asyik main smarthpone atau ponsel.

Buat kalian, sebenarnya kelainan tadi bisa kalian cegah dengan cara bijak mengoperasikan smartphone.

Atur waktu sebaik mungkin, dan jangan lupakan kehidupan nyata. Kalau kita sudah mengalami salah satu dari 5 kelainan di atas, tentunya akan kebih sulit lagi diobati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.