WD My Passport SSD 1TB; Kencang dan Elegan

Bukan hanya sebagai media penyimpanan internal PC desktop dan laptop, SSD portabel atau eksternal juga sudah bamyak diminati.

0

Solid State Drive atau SSD saat ini sudah menjadi pilihan utama mereka yang perlu performa transfer rate yang kencang, ukuran yang ringkas, dan efisien konsumsi dayanya. 

Dulu, banyak orang memakai HDD External untuk menyimpan data internal dan eksternal. Tetapi kini, banyak orang juga butuh alat untuk transfer data yang super kencang dan efisien konsumsi dayanya. Dan pilihan utamanya adalah SSD.

Solid State Drive atau SSD saat ini sudah menjadi pilihan utama mereka yang perlu performa transfer rate yang kencang, ukuran yang ringkas, dan efisien konsumsi dayanya. 

Bukan hanya sebagai media penyimpanan internal PC desktop dan laptop, SSD portabel atau eksternal juga sudah bamyak diminati. Salah satu SSD eksternal yang cukup bagus adalah WD My Passport SSD besutan Western Digital.

Bagaimana reviewnya? Langsung cek kuy!

Desain WD My Passport SSD 1TB

Desain menjadi salah satu kelebihan pada review WD My Passport SSD 1TB ini. Elegan dan mewah ketika menggenggam unit SSD portabel WD My Passport SSD dengan bentuk persegi rounded. Lebih menarik lagi dengan adanya dekorasi ombak yang berada pada sisi kanan bawah.

WD My Passport SSD ini hadir dalam beberapa varian warna, yaitu Blue, Gold, Grey, Red, dan Silver. 

Casing WD My Passport SSD 1TB bagian atas dibuat dari bahan aluminium yang kokoh dan terasa mewah. Sementara bagian bawahnya dari material polikarbonat.

Ukuran SSD portabel WD My Passport SSD 1TB ini sangat ringkas dan bisa disimpan di saku celana atau kemeja, sehingga sangat mendukung mobilitas pengguna. 

Bobot WD My Passport SSD ini juga sangat ringan, anya 54 gram saja. Kalau dibandingkan dengan hard disk eksternal, jelas WD My Passport SSD ini jauh ringkas. Di samping itu, WD My Passport SSD 1TB cukup tangguh dengan dukungan shock dan drop resistant hinsampaigga 1,98 meter.

Pada sisi depan, WD My Passport SSD 1TB ini hanya ada logo Western Digital berwarna krom yang mengkilap. Di sisi belakang ada informasi teknis perangkat WD My Passport SSD 1TB. 

Pada sisi bawah ada port USB Type-C. Di sisi lain tidak ada port atau tombol apapun. Secara umum, build quality WD My Passport SSD 1TB ini solid dan kuat.

Dihimpun dari berbagai sumber, review WD My Passport SSD 1TB kali ini memakai WD Blue SN550 dengan chip SSD WD 96L TLC yang dipadukan dengan kontroler proprietary yang didesain sendiri oleh Western Digital. 

Di samping itu, WD My Passport SSD 1TB juga memakai chip bridge dari ASMedia ASM2362. WD mengklaim fast SSD ini mampu memberikan kecepatan read dan write 1000MB/s, benarkah? 

Ketika pertama kali dipakai, WD My Passport SSD 1TB ini secara default memakai file sistem exFAT yang sekarang ini sudah kompatibel dengan Windows, MacOS, dan juga Linux. 

Kapasitas terformat pada review WD My Passport SSD 1TB kali ini yaitu 931GB. Hasil benchmark SSD eksternal andalan Western Digital ini lumayan impresif, mampu memberikan kecepatan read 1039,14MB/s untuk read dan 935,98MB/s di CrystalDiskMark. Angka ini cukup dekat dari klaim Western Digital.

Saat dibenchmark memakai aplikasi AS SSD, WD My Passport SSD 1TB masih tampak sangat kencang dengan kecepatan 930,41MB/s untuk read dan 847,04MB/s untuk write. 

Untuk pengujian real-world untuk SSD ekstern WD My Passport SSD 1TB kali ini caranya dengan tranfer folder berisi ratusan file FLAC dengan ukuran total 51,1GB. Folder tersebut selesai dipindahkan dari laptop ke WD My Passport SSD 1TB dalam waktu kurang dari 2 menit dengan transfer rate rata-rata 400 – 530MB/s.

SSD portabel WD My Passport SSD 1TB ini juga dibekali aplikasi untuk memakai fitur enkripis berbasis hard ware AES 256-bit dan fungsi back up yang kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Mac OS.

Secara keseluruhan, WD My Passport SSD 1TB ini salah satu SSD portabel yang memberikan performa read dan write yang kencang di kelasnya dan ringkas, dan juga desain yang mewah. Performa tinggi ini membuat transfer file berkuran besar bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat.

Kekurangan WD My Passport SSD 1TB hanya kabel bawaan yang pendek dan tidak adanya LED indikator yang menampilkan aktivitas SSD. WD My Passport SSD 1TB menjadi salah satu SSD eksternal yang patut kalian pertimbangkan untuk kalian beli.  Dengan harga terbaru di tanah air, dipasarkan mulai dari Rp 2.999.000.  Tertarik membelinya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.