Xiaomi Jadi Jawara di Pasar TV India!

0

Hello guys!

Hari minggu adalah waktu santai bersama keluarga. Menonton TV bersama dan bersenang-senang. Banyak hiburan yang tersedia di TV yang dapat menemani hari Minggumu. Televisi adalah salah satu barang elektronik yang masih digunakan sampai sekarang. Berbagai inovasi dimunculkan untuk menciptakan TV yang enak dipandang. Mulai dari dulu yang masih berbentuk tabung, sekarang sudah tersedia versi LED. Tentu saja hal itu tidak luput dari perkembangan inovasi.

Xiaomi sebagai perusahaan yang sering mengeluarkan inovasi juga ikut dalam hal ini. Tidak hanya merajai pasar smartphone, kini Xiaomi juga menjadi penguasa pasar TV di India. Yuk simak ulasan berikut!

Xiaomi berhasil merebut pasar televisi di India dengan angka yang tinggi untuk perusahaan yang tidak bergerak di bidang ini. Strategi yang digunakannya sama dengan penjualan smartphone, yaitu menawarkan harga yang lebih murah untuk teknologi yang baru. Sangat menarik ya.

Laporan dari IDC menyebutkan bahwa TV Xiaomi dengan merk Xiaomi’s Mi TV memimpin pasar smart Tv di India. Xiaomi mencapai angka 33 persen pangsa pasar begitu memasuki India yang menjadikan Xiaomi berada di peringkat pertama. Posisi kedua ditempati oleh Samsung TV dengan pangsa pasar sebesar 14 persen. Kemudian disusul oleh LG pada posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 13 persen. Sementara, Sony hanya mendapatkan 10 persen dari pangsa pasar. Posisi kelima ditempati oleh ITC dengan pangsa pasar sebesar 9 pesen. 

IDC juga melaporkan bahwa Xiaomi TV telah mengalami pertumbuhan dari Triwulan ke Triwulan yaitu dari 46 persen dan pertumbuhan tahun ke tahunnya sebesar 69 persen. Pangsa pasar Mi TV ini berbeda jauh dengan Samsung yang menempati posisi kedua, dengan selisih sebesar 19 persen lebih tinggi, 20 persen lebih tinggi dari LG dan Sony.  

Xiaomi menawarkan berbagai varian TV, yang jumlahnya cukup banyak di setiap titik harga. Mi TV dengan model dasar dibandrol dengan harga mulai dari ₹ 13.000 atau sebesar 2,7 juta dalam rupiah. Smart TV Xiaomi 4K entry-level dijual dengan harga mulai dari ₹ 24.999 atau setara dengan 5,3 juta dalam rupiah. Model yang paling premium adalah Mi TV 4x 65 inci dengan harga jual sebesar ₹ 65.999 atau setara dengan  4 juta dalam rupiah. Tipe ini termasuk ke dalam Smart Tv termurah di India. 

Mi TV ini dapat berjalan dengan sistem operasi TV Android Certified Google. Sistem operasi ini sudah tersedia secara default atau sudah diinstall di pabriknya yang menggunakan tampilan antar muka Patchwall 2.0. Tampilan ini merupakan antar muka yang dimofikasi dari berbagai platform OTT. Mi TV juga sudah bekerjasama dengan Netflix dan Amazon Prime baru-baru ini. Mi TV seri terbaru yang akan diluncurkan pada tahun 2020 adalah MI TV 4x  55 inci yang hadir dengan layar HDR 4K. Xiaomi menyatakan bahwa Mi Tv dapat dibeli pada beberapa outlet resmi Xiaomi di India. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.