Yuk Cobain Liburan Virtual ala Kemenparekraf Pakai VR

0

Makin meluasnya pandemi virus corona secara global membuat beberapa tempat wisata seperti museum, dan yang lainnya ikut tutup untuk waktu yang belum bisa dipastikan.  Meskipun demikian, kalian tetap bisa berwisata loh, dengan cara tur virtual.

Memang, karantina di rumah dan mempunyai ruang gerak yang itu-itu aja pasti membuat kalian bosan. Dalam keadaan seperti ini biasanya kalian pasti ingin mencoba berlibur di destinasi wisata alam di Indonesia yang indah. 

Baca Juga : Mediatek VS Snapdragon Pilih Mana ?.

Untuk kalian yang sudah mulai jenuh lantaran tak keluar rumah, mungkin bisa mencoba solusi yang ditawarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini.

Belum lama ini, Kemenparekraf lewat akun res twitter (@Kemenparekraf), membagikan solusi cara liburan di tengah pandemi ini yaitu dengan jalan-jalan virtual yang tidak harus pegi meninggalkan rumah.

Udah mulai jenuh diam #dirumahaja? Gak bisa kemana-mana karena #jagajarak dan #wfh? Cobain deh pengalaman seru jalan-jalan virtual di tanah air,” tulis @Kemenparekraf pada caption seperti dikutip Guideku.com, Rabu (8/4/2020).

Lewat liburan virtual ini, travelers akan dapat melihat deretan destinasi liburan di nusantara hanya dengan mengakses di website DirumahAja360.

Baca Juga : Cara Balas Pesan Otomatis Gmail Dengan Vacation REsponder di Android .

Di samping foto, travelers juga bisa mengakses video 360 derajat dari berbagai destinasi wisata Indonesia, seperti Raja Ampat sampai Labuan Bajo.

Tak cuma destinasi wisata, liburan virtual ini juga menyediakan virtual tur untuk beberapa museum di Indonesia yang diberikan oleh beberapa lembaga kebudayaan, dan lain-lain.

Penasaran liburannya kemana saja? Kuy simak!

Liburan Virtual ke Museum

Untuk kalian yang ingin menyelami lebih banyak tentang sejarah masa lalu, beberapa museum mempunyai tur virtual yang bisa kalian ikuti secara online. Untuk Louvre Museum, kalian dapat melihat koleksi asterfak Mesir dan artefak terbaru Galerie d’Apollon.

Sedangkan di Museo Nacional Thyssen-Bornemisza di Madrid, kalian dapat melihat pameran Rembrandt and Portraiture in Amsterdam, 1590-1670.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack .

READ  4 Cara ampuh Mengamankan iCloud dari Hacker, Anti Dibajak!

Berikutnya, ada juga Vatican Museum yang memberi kalian kesempatan untuk mempunyai tur virtual 360 derajat di beberapa tempat seperti Sistine Chapel dan Raphael’s Rooms.

Setelah itu, Smithsonian juga mempunyai laman sendiri jika kalian ingin menjelajahi gedung National Museum of Natural History yang ada di film Night At The Museum.

Meskipun demikian, terdapat juga pilihan tur virtual lain yang bisa kalian lakukan.

Jika kalian lebih tertarik untuk melihat karya seni yang dengan informasi lebih rinci, kalian bisa langsung berkunjung ke koleksi Google’s Arts and Culture.

Di sana, kalian bisa melihat beberapa karya seni dari Van Gogh Museum, Isabella Stewat Gardner Museum, dan Tate Modern.

Baca Juga :  Cara Print dari Smartphone.

Meskipun sensasinya mungkin tidak semenarik saat kalian melihatnya secara langsung, tetapi kalian bisa mengatur layar sangat dekat dengan karya yang ditampilkan.

Di samping itu, karya yang ditampilkan mempunyai kualitas gambar yang jernih.

Setelahnya, ada juga tur virtual yang memberikan pengetahuan seputar sejarah seperti Uffizi Galleries.

Tur di akuarium virtual

Tim Boston’s New England Aquarium membawa kehidupan akuarium mereka ke masyarakat global lewat Facebook Live.

Di sana, mereka mmepunyai jadwal untuk penayangan kegiatan pemberian makan para ikan di akuarium, melihat lebih jauh seperti apa akuarium di sana, dan lain-lain.

Sejauh ini, tayangan yang telah dilaksanakan adalah pemberian makan ke penyu hijau bernama Mrtyle, dan pengetahuan seputar hiu berjalan dan ikan pari.

Baca Juga :Cara Mengatasi Ansroid Lag Lemot Saat Main Game 

Di samping itu, mereka juga mempunyai beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah oleh anak-anak yang berkunjung ke laman mereka selama penutupan sementara berlangsung.

Menikmati pertunjukan simfoni hingga lagu pop

READ  Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Terhubung Internet

Beberapa pertunjukan musik di seluruh dunia menyiarkan secara langsung penampilan mereka melainkan membatalkannya. Mereka juga memutar ulang tayangan lama secara gratis.

Walau pertunjukan musik Philharmonie Berlin tutup sampai April 2020, tetapi mereka membuka perpustakaan pertunjukan digital yang mempunyai lebih dari 600 pertunjukan.

Kalau kalian memakai kode BERLINPHIL pada tanggal 31 Maret 2020, kalian akan memperoleh akses 30 hari untuk menikmati pertunjukan yang dipimpin oleh Simon Rattle.

Baca Juga : Cara Mengubah Format Video di Android .

Berikutnya, Melbourne Symphony Orchestra juga menampilkan pertunjukan musik mereka lewat YouTube karena mereka akan tutup untuk sementara waktu hingga 13 April 2020.

Kendati pertunjukan di pukul 19.00 waktu setempat mungkin bukan waktu yang ideal, Tapi kalian dapat menonton ulang pertunjukan tersebut di laman Youtube resmi orkestra tersebut.

Sampai saat ini, mereka sudah punya pertunjukan musik Rimsky-Korsakov yang berjudul Scheherazade.

Berikutnya, beberapa penyanyi pop juga menyiarkan penampilan mereka secara langsung lewat tagar #TogetherAtHome di Twitter.

Vokalis Coldplay, Chris Martin, memulai tagar tersebut dengan menyiarkan penampilan sepanjang 30 menit di Instagram, Senin (16/3/2020).

Sedangkan John Legend juga menyiarkan penampilannya di Instagram Live pukul 13:00 setempat pada Selasa (17/3/2020).

Habiskan waktu di opera

Apabila kalian sering bepergian ke bioskop dalam beberapa tahun terakhir, ada kemungkinan kalian sudah pernah melihat trailer serial Metropolitan Opera yakni Live in HD.

Di serial tersebut, mereka menampilkan beberapa pertunjukan populer mereka pada layar lebar agar dapat dinikmati semua orang.

Baca Juga : Gamer Cewek ini Punya Posisi Keyboard Anti Mainstream.

Meski demikian, semenjak beberapa bioskop dan opera tutup, Metropolitan Opera membuka seluruh tayangan serial mereka untuk bisa dilihat secara langsung setiap malam.

Seluruh tayangan bisa diakses pada pukul 19.30 waktu setempat selama 20 jam, dimulai dari produksi Carmen tahun 2010 yang tayang Senin (16/3/2020).

Kalau kalian tidak suka dengan tayangan terjadwal, OperaVision menawarkan rekaman pertunjukan dari seluruh dunia secara gratis. Beberapa pertunjukan tersebut adalah Madama Butterfly dari Royal Swedish Opera, dan Tosca dari Polish National Opera.

Keliling destinasi wisata dengan virtual reality

READ  Cara Hapus Akun Gojek

Fitur virtual reality sudah membuat beberapa destinasi wisata seperti puncak gunung Everest dapat diakses dengan mudah.

Walaupun virtual reality bukan sesuatu yang baru, tapi kini tampaknya fitur tersebut menjadi cukup penting dan membuat kalian bisa menjelajahi sebuah tempat baru secara jelas.

Baca Juga : 5 Alasan untuk Ganti Smartphone Baru .

Bagi sebagian orang, mungkin kalian perlu beberapa perangkat seperti headset Oculus Rift atau HTC Vive. Sementara yang lain bisa memakai Google Cardboard VR Viewer.

Kalau kalian ingin mencoba jalan-jalan dengan virtual reality, mungkin kalian bisa mulai dari Florence atau stadium Hong Kong.

Bagi yang tertarik menjajal liburan virtual khusus di Indonesia, travelers langsung bisa mengakses ke link http://bit.ly/DirumahAja360.

Cukup mudah bukan? Selamat menikmati liburan virtual, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.