Yuk Mengenal Macam – Macam Filter Pada Kamera!

0

Holaaaa Jo!

Pada kesempatan kali ini gua bakal kasih ilmu lagi untuk kalian biar pada tau macam – macam fitur lensa, jadi biar kalian ngga kaku kalau tiba – tiba dipilih sebagai fotografer. Nah pada awalnya pembuatan filter ini dibuat untuk meningkatkan kontras, dan mengurangi tingkat cahaya yang mungkin dapat merusak gambar.

Oke Jo!. Berikut ini beberapa macam filter pada kamera, let’s gooo!

Baca Juga : Cara Melacak Smartphone yang Hilang

1. Filter UV/ Clear/Haze

Filter ini merupakan sebuah filter yang bisa melindungi lensa dari kotoran, debu dan juga kelembaban. Bukan hanya itu saja, fiter ini juga bisa dipakai untuk melindungi lensa dari luka goresan. Filter UV  dengan  kualitas yang tinggi bisa dipasang permanen. Nah kalian tidak perlu khawatir mengenai perngaruhnya filter terhadap hasil gambar sebab filter memiliki dampak minimal pada kualitas. Filter ini juga bisa digunakan di berbagai jenis genre dalam fotografi.

 

2. Filter Neutral Density (ND)

Biasanya filter ini dipakai untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa. Oleh karena itu, filter ini juga dapat mengurangi kecepatan rana kamera. Biasanya filter jenis ini sering dipakai pada pemotretan objek yang sedang bergerak agar terlihat blur seperti air terjun, sungai, atau bahkan aktivitas manusia.

3. Reverse Graduated Neutral Density (GND)

Kebanyakan dari para fotografer memakai filter ini untuk memotret lanskap dan panorama pada situasi melawan matahari. Filter ini perlahan – lahan mengalami transisi dari gelap ke jernih dan menuju tepi.

Baca Juga : Cara Membuat Best Nine Pada Instagram

 

4. Filter Close-up

Filter yang ini menurut gua keren Jo, karena memiliki nama lain ‘diopter’. Biasnya orang – orang menggunakan ini filter dalam pemotretan makro yang kecil – kecil gitu Jo karena, filter Close- Up dapat memungkinkan lensa  fokus lebih dekat pada subjek pemotretan.

5. Filter Polarize

Fitur polarized ini bisa dipakai dalam semua genre fotografi. Filter ini menghasilkan polarisasi cahaya yang dramatis dan juga mengurangi pantulan, meningkatkan pewarnaan, dan meningkatkan kontras pada gambar. Biasanya, filter ini berbentuk sebuah lingkaran dengan memiliki fungsi untuk memudahkan kontrol pada efek polarisasi.

6. Hard-Edge Graduated Neutral Density (GND)

Filter ini biasanya di pakai pada situasi warna kontras yang sangat tinggi. Fitur ini cocok dalam pemotreatan lanskap ataupun panorama yang menampilkan warna – warna terang. Filter ini selalu berbentuk persegi panjang dan memiliki kemampuan untuk mengeser cahaya ke segala arah.

Baca Juga : 4 Cara Uninstall Aplikasi Pada Windows 10

 

7. Soft-Edge Neutral Density (GND)

Filter biasanya dipakai sama seperti versi hard-edge ND. Namun, apabila memakai filter ini bila ingin pemotret memiliki transisi yang lebih mulus dan lebih baik menggunakan filter versi soft-edge ini. Filter ini juga dapat digunakan memotret lanskap.

 

Oke Joo! sudah semua nih yang mau gua bahas, terimakasih sudah membaca Artikel ini hingga selesai.

Salam Teknologi

Leave A Reply

Your email address will not be published.