Cara Ampuh dan Akurat Mengecek Kualitas Laptop Bekas

Banyak juga oknum yang tidak bertanggungjawab yang menjual laptop bekas seakan – akan masih seperti baru, padahal kemungkinan besar laptop itu sudah dibongkar dan diotak – atik, sehingga kualitasnya sudah sangat menurun. Lalu bagaimana sih caranya mengecek kualitas dari laptop bekas secara akurat? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Soalnya ada banyak sekali pengguna yang suka gonta – ganti laptop padahal kualitasnya masih sangat bagus dan belum digunakan dalam waktu yang lama. Nah jika kamu mempunyai budget terbatas, maka kamu bisa membeli laptop bekas dengan kualitas yang masih bagus daripada harus membeli baru dengan harga yang lebih mahal. Sebagai pembeli yang cerdas, penting sekali mengetahui kualitas dari laptop bekas yang akan kamu beli.

Laptop kini menjadi salah satu perangkat penting yang sangat diperlukan untuk mendukung berbagai aktivitas di zaman dengan kemajuan teknologi canggih saat ini. Tidak sedikit orang yang memilih untuk membeli laptop bekas daripada harus membeli yang baru. Soalnya ada banyak sekali pengguna yang suka gonta – ganti laptop padahal kualitasnya masih sangat bagus dan belum digunakan dalam waktu yang lama.

Nah jika kamu mempunyai budget terbatas, maka kamu bisa membeli laptop bekas dengan kualitas yang masih bagus daripada harus membeli baru dengan harga yang lebih mahal. Sebagai pembeli yang cerdas, penting sekali mengetahui kualitas dari laptop bekas yang akan kamu beli.

Banyak juga oknum yang tidak bertanggungjawab yang menjual laptop bekas seakan – akan masih seperti baru, padahal kemungkinan besar laptop itu sudah dibongkar dan diotak – atik, sehingga kualitasnya sudah sangat menurun. Lalu bagaimana sih caranya mengecek kualitas dari laptop bekas secara akurat? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Memeriksa body atau casing dari laptop

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika membeli laptop bekas adalah casing laptop. Perhatikan penampilan luar dari laptop tersebut dengan seksama. Apakah terdapat bekas goresan, garis – garis halus, retakan, baret dan berbagai indikasi yang memperlihatkan kerusakan. Kamu juga sebaiknya mengecek kelengkapan sekrup pada laptop tersebut dan melihat apakah ada engsel yang kendur. Penampilan luar ini sedikit banyak akan memperlihatkan bagaimana kualitas laptop bekas tersebut.

Memeriksa layar laptop bekas

Layar laptop adalah komponen penting yang harus kamu cek dengan detail. Pasti kamu tidak mau dong aktivitasmu menggunakan laptop ini terganggu karena ada garis – garis pengganggu yang muncul. Nyalakan laptop bekas tersebut dan perhatikan apakah ada bagian yang buram, bergaris atau bahkan ada dead pixel. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi dalam mengecek dead pixel pada laptop. Cara kedua adalah dengan memeriksa secara manual, yaitu dengan menggoyangkan layar dan membuka tutupnya

Memeriksa spesifikasi dan kinerja laptop

Spesifikasi dan kinerja laptop bisa kamu cek dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan kinerja dari laptop sesuai dengan spesifikasi. Pengecekan ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi cek laptop bekas, misalnya saja CPU-Z supaya kamu tidak tertipu guys. Aplikasi ini akan memberikan kamu informasi lengkap mengenai spesifikasi laptop. Kamu bisa menggunakan CPU Burner untuk mengetes kinerja CPU. Kerusakan hardware diindikasikan dengan laptop mati, berkedit dan eror.

Mengetes speaker dan port laptop

Speaker dan port laptop juga perlu diperhatikan. Kamu bisa mengeceknya dengan memutar berbagai macam lagu dan video. Setelah itu perhatikan apakah suara yang keluar normal, distorted atau patah – patah. Cek juga port laptop menggunakan USB, headset, mouse dan sebagainya.

Memeriksa touchpad laptop

Komponen penting lain yang harus kamu periksa adalah touchpad laptop. Meskipun kamu bisa menggunakan mouse wireless, tetap saja fungsi dari touchpad ini tidak akan bisa digantikan. Jadi penting sekali untuk memeriksa apakah touchpad laptop ini masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Salam teknologi! Nah begitulah cara mengecek kualitas laptop bekas. Tentu saja kamu tidak mau membeli laptop bekas yang kualitasnya sudah sangat jelek. Jadilah pembeli yang cerdas yaa. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah Menghubungkan Kamera HP ke Laptop, Pengganti Webcam!

Leave A Reply

Your email address will not be published.