Tips Mount File ISO

Masih banyak orang yang belum tahu cara ini. Karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibagikan beberapa cara untuk mount file ISO di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

0

Kalian bertemu dengan suatu situasi yang mengharuskan untuk mount file ISO. Seperti misalnya saat ingin menginstall game yang dikompress dengan ISO, maka kalian harus melakukan mount sebelum membuka file installer.

Kalian pernah mendengar istilah ISO? Ya. ISO ini punya peran cukup penting untuk menyimpan file.

ISO adalah sebuah file arsip seperti halnya Zip dan Rar. Yang membedakan, file ISO lebih identik dengan salinan file yang tersimpan di CD/DVD. Oleh sebab itu, file ini mempunyai icon disk image saat dilihat lewat Windows Explorer.

Tidak jarang, kalian bertemu dengan suatu situasi yang mengharuskan untuk mount file ISO. Seperti misalnya saat ingin menginstall game yang dikompress dengan ISO, maka kalian harus melakukan mount sebelum membuka file installer.

Hanya saja, masih banyak orang yang belum tahu cara ini. Karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibagikan beberapa cara untuk mount file ISO di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Tips Mount File ISO Windows 8 & 10

Untuk kalian para pengguna Windows 8 dan 10, kalian dapat melakukan mount file ISO dengan sangat mudah. Sebab, Microsoft sudah membekali fitur untuk melakukan mount tanpa memakai aplikasi sama sekali.

Apabila kalian para pengguna Windows 8 dan Windows 10, di bawah ini langkah untuk mount file ISO.

Pertama-tama, kalian bisa buka windows explorer.  Jika sudah, cari file ISO yang ingin kalian mount. Misalnya, disini akan mount file ISO Windows 10.

Klik kanan di file ISO yang akan di mount, maka akan tampil beberapa menu dan tap opsi Mount.

Sesudah mounting berhasil, kalian akan dibawa ke direktori yang berisi file ISO tersebut. Selesai.

Sesudah selesai memakai file tersebut, kalian dapat melakukan eject sebagaimana halnya file ISO yang ada di CD/DVD. Caranya sama saja, klik kanan kemudian tap Eject, maka otomatis file ISO tadi akan kembali seperti semula.

Mount File ISO di Windows (Semua Versi)

Untuk kalian pengguna Windows 7, kalian dapat memakai cara ini untuk mount file ISO. Di samping Windows 7, cara ini juga dapat dipakai untuk pengguna Windows versi lain contohnya Windows 8 dan Windows 10.

Beda dengan cara pertama yang tidak memerlukan aplikasi sama sekali. Untuk mount file ISO di Windows 7, kalian diharuskan menginstall aplikasi pihak ketiga dulu, baru berikutnya mount ISO

Untuk aplikasinya sendiri sesungguhnya ada cukup banyak. Tetapi, ada yang merekomendasikan pemakaian VirtualCloneDrive.

Kalau tertarik, kalian dapat mengikuti cara di bawah ini. Pertama-tama, download VirtualCloneDrive dulu. lalu, lakukan instalasi aplikasi, caranya buka installer dan tap Next sampai selesai.

Kalau sudah, buka Windows Explorer dan cari file ISO yang akan dimount. Setelahnya klik kanan di file ISO kemudian tap Mount (Virtual Clone Drive).

Sama seperti saat mount ISO di Windows 10, kalian akan dibawa ke direktori tempat file ISO berada. Selesai.

Untuk melakukan eject di file tersebut, kalian cukup klik kanan di DVD Drive kemudian klik Eject. Dengan demikian, maka file yang tadi dimount akan kembali ke file ISO.

Kalau tertarik mencoba aplikasi mounting file ISO lainnya, berikut ada beberapa saran. Di antaranya UltraISO, Daemon Tools, WinCDEmu, PowerISO, Virtual CD-ROM Control Panel, dan WinAcrhiver Virtual Drive.

Itu tadi tips mount file ISO di Windows 7, 8, dan 10. Mau itu dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Silahkan pilih cara yang kalian mau dan sesuaikan juga dengan versi Windows yang kalian pakai. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.